Bawaslu Lebong Terima Laporan Dugaan Politik Uang Caleg Golkar, Ini Gambar Kejadian??

Foto dugaan praktik money politic Caleg Golkar/istimewa

LEBONG, sahabatrakyat.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong, Selasa (23/4/2019), telah menerima laporan dugaan money politic yang dialamatkan kepada seorang Caleg Partai Golkar berinisial Ma dan tim kampanye Ma di Dapil 2 Kabupaten Lebong. Pelapor sendiri adalah kader Golkar bernama Yanuarto yang juga Caleg di Dapil setempat.
Anggota Bawaslu Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Sabdi Destian mengatakan, laporan itu masih dalam tahap diterima untuk dipelajari.
Adapun alat bukti yang diberikan pelapor baru berupa foto. Informasi yang dihimpun, foto itu sendiri pernah dibagikan dalam grup WhatsApp Lebong Info pada 15 April 2019.
Foto itu sendiri memberi petunjuk ada lima saksi di lokasi kejadian. Dua dari empat orang yang ditangkap kamera tampak saling berjabat tangan. Yang satu berbaju warna kuning mengangkat satu tangan (kiri) sembari memegang sesuatu dan tangan kanannya menjabat orang yang berbaju hijau. Dengan kedua tangannya, orang berbaju hijau tampak menggenggam erat tangan kanan si baju kuning.
Sementara di antara keduanya ada uang pecahan seratus ribu, rokok, air mineral, serta kartu nama atau alat peraga milik caleg. Dua orang lainnya yang duduk di samping tampak seolah menghindar bidikan kamera orang kelima.
Caleg Bisa Batal
Berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pemilu, pasangan calon, calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, pelaksana kampanye, dan/atau tim kampanye dilarang menjanjikan dan/atau memberikan uang atau materi lainnya untuk mempengaruhi Penyelenggara Pemilu dan/atau Pemilih.
Jika ketentuan tersebut dilanggar, maka berdasarkan rekomendasi Bawaslu dapat dikenai sanksi administratif pembatalan sebagai pasangan calon, serta calon anggota DPR, DPD, dan DPRD.


Pewarta: Sumitra Naibaho