Belasan Ribu Warga Lebong Belum Punya e-KTP

e-KTP
ilustrasi

LEBONG– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lebong mencatat sebanyak 19.285 warga wajib KTP yang hingga kini belum melakukan perekaman e- KTP. Dukcapil mengingatkan warga segera mengurus identitas kependudukannya karena pemerintah pusat telah menetapkan tenggat akhir pelayanan e-KTP per 30 September 2016.

Kepala Dinas Dukcapil Hanafi SH mengatakan, hingga Maret 2016 jumlah warga wajib KTP mencapai 80.887 jiwa. Dari jumlah itu, yang sudah melakukan perekaman sebanyak 61.602 jiwa. Namun yang dicetak baru 11.589 e-KTP. Jadi masih ada 50.013 yang belum.

“Jumlah yang sudah perekaman tapi belum dicetak kemungkinan berkurang. Karena itu belum dikurangi jumlah e-KTP yang dicetak pusat. Datanya masih kita rekap,” sambung Hanafi.

Hanafi mengimbau bagi yang sudah melakukan perekaman untuk bisa mengurus pencetakannya. Apalagi bagi masyarakat yang memang belum sama sekali melakukan perekaman agar segera mendatangi petugas untuk perekaman e-KTP.

“Kita terus berusaha maksimal sebelum tenggat waktu yang diberikan oleh pemerintah pusat. Salah satunya dengan sistem jemput bola. Kita juga mengimbau kepada camat dan kepala desa untuk mengajak warga di wilayahnya masing-masing agar segera mengurus KTP elektronik,” pungkas Hanafi. (cw3)