Kembangkan Wisata Kuro Tidur, Camat Kota Arga Makmur Siap Jajal Lereng Bukit Barisan

Camat Kota bersama Kasi Pemerintahan Desa didampingi Kades Kuro Tidur foto bersama pengurus Pokdarwis Wana Bhakti dan KPA Margapala

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata unggulan daerah terus digali oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Salah satu potensi yang akan dikembangkan melalui Pemerintah Kecamatan Kota Arga Makmur adalah objek wisata ringan lereng Bukit Barisan yang ada di Dusun IV Desa Kuro Tidur, Kecamatan Kota Arga Makmur.
Ketua Karang Taruna Beringin Jayo Desa Kuro Tidur Meryo Heprades mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi kunjungan Camat Kota Arga Makmur Sri Dasa dan rombongan, yang akan meninjau langsung objek wisata alam yang ada di desanya.
“Kita akan tunggu rombombongan ibu camat di Balai Desa, setelah itu kita konvoi dari Balai Desa ke Dusun IV tersebut,” kata Meryo.
Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Whana Bakti Rinchi Yusfit Arputama saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com melalui via seluler, mengatakan, pada Sabtu pekan lalu Camat didamping Kasi Pemerintahan Desa, dan Kades Kuro Tidur sekira pukul 11.00 WIB mengunjungi Pokdarwis Whana Bakti.
Mereka disambut langsung oleh Kepala Sekretariat Pokdarwis Wana Bhakti Rozi Ranawan dan Sekretaris Umum KPA Margapala Nurdin.
Kehadiran Camat Kota Arga Makmur itu adalah untuk melihat langsung spot-spot wisata yang ada di Dusun IV Desa Kuro Tidur, yang direncanakan Selasa (28/03/2017) sekira pukul 08.00 WIB.
“Kami pengurus Pokdarwis Wana Bhakti bersama teman-teman KPA Margapala siap menjadi perpanjangan tangan Kecamatan Kota Arga Makmur melalui Desa Kuro Tidur untuk mengelola, menjaga dan melestarikan alam di sini,” ujarnya.
“Kami juga meletakkan harapan kepada ibu camat semoga wisata ringan bukit barisan ini masuk ke dalam kegiatan desa wisata Kecamatan Kota Arga Makmur,” lajut dia.
Kami juga mengajak masyarakat bengkulu utara untuk turut berpartisipasi ikut serta dalam kegiatan besok survey objek wisata tiek baes yang dipimpin langsung oleh ibu camat Sri Dasa Utama, S.IP
Daya tarik wisata lereng Bukit Barisan ini adalah keindahannya yang beda jika dibandingkan dengan objek wisata yg ada di desa lain.
Sejauh ini, sudah terdata sebanyak 8 spot objek wisata yang siap memanjakan mata para pengunjung nantinya.
Camat Kota Arga Makmur Sri Dasa Utama, S.IP saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com, Senin (27/03/2017) membenarkan rencana dia dan rombongan yang akan turun langsung melihat objek wisata di lereng Bukit Barisan Dusun IV Desa Kuro Tidur.
“Tujuan pertama kita akan melakukan track ke Tiek Baes, bila waktunya memungkinkan kita track semua spot yang ada di sana,” ujar Sri Dasa. “Kita mau melihat lokasi, kondisi, dan akses jalan di sana, apa saja yang bisa dikembangkan,” tutup Camat Sri Dasa. 
8 spot objek wisata yang sudah terdata di Desa Kuro Tidur:
1. Habitat Rhizantes Gerbang Rimba
Spot 1 Raflesia Bintang Tik Baes
2. Habitat Rafflesia Tik Baes
Spot Habitat Raflesia Tik Baes
3. Habitat Rafflesia Bintang
Spot 2 Habitat Rafflesia Bintang
4. Curug Tujuh Bidadari
Spot Warerfall 1 Curug Awal Legenda Tik Baes
5. Curug Mencgan
Spot Waterfall 2 Tik Baes Level 1
6. Curug Selendang Pertapa
Spot Waterfall 3 Tik Baes Level 2
7. Kolam Cinta
Spot Waterfall 4 Tik Baes Level 3
8. Butau Beniat
Spot Fenomenal, Mata Air 7 Bidadari
 
(Penulis: MS Firman)