Bikin Cemar, Warga Lebong Lapor FB ‘Siluman’

Pelapor

LEBONG, sahabatrakyat.com Zauza Nisfa Hulzana (19 tahun) dan ayahnya Herwin Susanto (43 tahun)–warga Lebong Sakti, Kabupaten Lebong, belum bisa tenang. Itu lantaran laporan polisi yang mereka buat per 7 Juni 2020 lalu belum ada progres.

Laporan itu terkait dugaan pencemaran nama baik atas unggahan status akun facebook bernama Raj Dhruba beberapa waktu lalu. Di dinding medsos itu, Raj Dhruba menyebut pelapor sebagai perempuan sundal dan bisa diajak berbuat asusila.

Selain kata-kata tak pantas, FB Raj Dhruba juga menyertakan dua buah foto atau gambar pelapor dengan tampilan dan latar belakang yang berbeda.

“Sudah kami laporkan pada tanggal 7 Juni 2020 kemarin, kini kami sudah datang ke Polres Lebong dan itu akan dilanjutkan penyelidikannya,” ujar mereka kepada sahabatrakyat.com, Jumat siang (19/06/2020).

Herwin Susanto menuturkan, status itu membuat nama anak kandung dan keluarganya merasa dirugikan dan mencemarkan nama baik mereka di lingkungan masyarakat.

Dia berharap, laporan itu bisa segera ditindak lanjuti supaya ke depan tidak terjadi hal yang tidak-tidak terhadap keluarga dan anaknya.

“Saya minta penyelesaian secara hukum dan meminta diperbaiki nama baik kami,” tuturnya.

Screenshot unggahan Raj Dhrua yang disimpan pelapor (foto sudah disensor redaksi)

Sementara itu saat sahabatrakyat.com mencoba melacak keterangan lebih jauh akun Raj Dhruba tak ada banyak informasi yang bisa didapat. Pembuat akun tidak menyertakan foto atau gambarnya sendiri.

Agaknya, akun ini siluman atau bukan nama pembuat atau pemilik yang sebenarnya. Postingan yang membuatnya dilaporkan ke polisi oleh Zauza sendiri sudah tak ada.

Jika diselusur lebih jauh, nama itu lebih dekat dengan nama orang asing atau bukan umumnya nama orang Indonesia apalagi orang Lebong. Ini juga tampak dari pertemanan pemilik akun yang kebanyakan bukan asal Indonesia.

Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur, S.Ik melalui Kasat Rekrim Iptu Andi Ahmad Bustanil, S.Ik membenarkan adanya laporan warga itu. “Masih kita dalami dan masih dalam penyelidikan,” singkatnya melalui pesan WhatsapApp.


Pewarta: AKA BUDIMAN