Bupati Mian: Kita Pancasila, Kita Indonesia!

Bupati Bengkulu Utara saat menyampaikan sambutan Presiden RI dalam peringatan Hari Lahir Pancasila

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Upacara peringatan hari lahir Pancasila digelar Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Kamis (1 Juni 2017) di halaman kantor Pemkab Bengkulu Utara. 
Dipimpin langsung Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian selaku inspektur upacara, peringatan hari lahir Pancasila itu diikuti para pejabat dan aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara.
Bupati Mian dalam kesempatan itu membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo. Ia mengatakan, kehidupan berbangsa dan bernegara sedang mengalami tantangan, kebhinekaan Indonesia sedang diuji. Karena adanya sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila.
Komandan Upacara Angota Kodim 0423 BU

“Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kita bisa hidup rukun dengan bergotong-royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,” kata Mian.
Perwira upacara saat laporan kepada Inspektur Upacara

“Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tegasnya.
Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian didampingi Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, SE

Di akhir sambutan yang disampaikan Bupati Ir. Mian, Presiden RI mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila.
“Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu membahu, bergotong-royong demi kemajuan Indonesia. Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila,” tegas Ir. Mian
Tamu undangan dari organisasi wanita di Kabupaten Bengkulu Utara

Kepada sahabatrakyat.com, Bupati Mian menambahkan, memaknai NKRI harga mati dan Pancasila sebagai idiologi kita sudah sampaikan secara tegas arahan Presiden secara nasional melalui daerah masing-masing.
Foto Bersama Bupati Mian dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bengkulu Utara

“Bahkan kita juga memerintahkan semua kecamatan untuk melakukan upacara, kita menunjukan soliditas jangan sampai ada upaya memecah belah bangsa khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara kita masih kondusif dan solid,” tegas Bupati.
Bupati Ir Mian saat diwawancara awak media

 
Penulis: (MS. Firman/Adventorial)