Demo di Kantor Bupati Seluma, Warga Rawa Indah Tuntut Pecat Kades-nya

Warga Desa Rawa Indah unjuk rasa tuntut pecat kepala desa/Sukardianto

SELUMA, sahabatrakyat.com- Sejumlah warga Desa Rawa Indah, Kecamatan Ilir Talo, Seluma, menggelar aksi unjuk rasa, Rabu (12/08/2020) siang di Kantor Bupati Seluma. Mereka menuntut supaya kepala desa setempat dipecat oleh Bupati Seluma Bundra Jaya.

Menurut warga, Robi Manto, sang kades tidak menjalankan tugas dengan baik. Kades Robi terutama dianggap tidak transparan dalam mengelola dana desa. Baik untuk kegiatan fisik maupun non fisik.

“Kami minta supaya Pemkab dan pihak terkait mengaudit penggunaan dana desa kami sejak masa kerja Kades Rawa Indah,” tegas Jaya.

Warga memberi waktu kepada Pemkab untuk menindak-lanjuti tuntutan tersebut selama dua minggu ke depan terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2020.

“Apabila selama dua minggu tersebut belum ada tindak lanjut dari Pemkab, maka massa aksi akan turun dalam jumlah yang lebih besar,” ancam Jaya.

Usai orasi, perwakilan pengunjuk rasa lalu menggelar pertemuan dengan Pemkab Seluma yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, staf ahli, Kasat Pol PP dan Damkar, Kepala BPKD, Plt Kepala DPMD, Kabag Administrasi Pemerintahan, Bagian Hukum. Hadir juga Kasat Sabara dan Kasat Intel Polres Seluma.

Rapat itu menyepakati dua hal pokok. Pertama, Pemkab Seluma akan membentuk tim yang berasal dari perangkat daerah terkait untuk menindak-lanjuti laporan masyarakat Desa Rawa Indah dalam waktu 2 minggu.

Kedua, terkait tuntutan pemberhentian Kepala Desa Rawa Indah oleh masyarakat, maka akan ditindak lanjuti dengan menunggu hasil pemeriksaan tim terkait sebagaimana dimaksud dalam poin satu.


Pewarta: SUKARDIANTO