Di Benteng, Kebun Sawit ‘Disulap’ Jadi Objek Wisata Keluarga

Foto: Antara

BENGKULU TENGAH, sahabatrakyat.com- Di Desa Abu Sakim, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kini ada objek wisata baru. Memang bukan wisata alami, tapi memang ‘disulap’ alias disengaja dibuat dengan tangan manusia.

Objek wisata ini mulanya hamparan kebun sawit. Namun lantaran sudah tak produktif, sang pemilik kebun bernama Bima Mandala mengubahnya menjadi objek wisata air untuk keluarga.

“Karena usia sawit banyak yang tua dan tidak berbuah banyak, jadi kepikiran membuat objek wisata ini,” Kata Bima di Bengkulu Tengah, Kamis (18/06/2020) dikutip Antara.

Alasan lainnya, ungkap Bima, di wilayah Bengkulu Tengah belum ada objek wisata keluarga yang murah sekaligus bisa menawarakan sensasi berada di kebun sawit.

Luas lahan sawit yang diubah menjadi objek wisata keluarga ini adalah sekitar 1,7 hektare. Jika menjanjikan, luasannya masih bisa ditambah. Apalagi warga sekitar juga sudah menawarkan agar kebun sawitnya bisa dibangun objek serupa.

Bima mengatakan objek wisata keluarga yang diberi nama Buana Alit itu sebenarnya telah dibuka sejak November 2019. Namun baru ramai dikunjungi sejak awal Juni ini.

Kepada pengunjung yang mau menikmati objek wisata di lokasi ini dipungut Rp10 ribu per orang. Bima mengatakan, di hari libur jumlah pengunjung mencapai 300-350 orang. Sementara di hari biasa sekitar 100 orang. Kebanyakan pengunjung berasal dari Kota Bengkulu dan warga sekitar.

Bima menambahkan, kepada pengunjung yang ingin memasuki area wisata, pihaknya mewajibkan cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun. Bagi pengunjung yang berenang harus mandi terlebih dahulu.

Itu semua dalam rangka menghindari penyebaran COVID- 19. “Takutnya pengunjung membawa virus jadi harus dibersihkan dulu. Sabun dan sampo telah kami sediakan,” katanya.


Editor: Jean Freire