Diburu Usai Beli 28 Paket Sabu, Warga Kota Bengkulu Terdesak Dekat Masjid

Tersangka saat di amankan petugas

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com Seorang warga Kota Bengkulu, tepatnya warga Jalan Kuala Alam Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu berinisial JM alias Hendri (39), Senin (30/08/2021) diringkus anggota Polsek Sindang Kelingi di jalan lintas Curup-Lubuk Linggau, tepatnya di dekat Masjid Kelurahan Beringin Tiga Kecamatan Sindang Kelingi.

JM diringkus polisi lantaran kedapatan membawa narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 28 paket kecil yang baru saja dibelinya di wilayah Rejang Lebong dan hendak dibawa ke Kota Bengkulu untuk dikonsumsi.

Seperti yang dijelaskan oleh Kapolres AKBP. Puji Prayitno melalui Kapolsek Sindang Kelingi IPTU. Helnita Wati, Selasa, (31/08/2021) di Mapolres Rejang Lebong kepada wartawan.

Dijelaskan Helnita, pada Senin pihaknya mendapatkan informasi masyarakat jika di wilayah hukum Polsek Sindang Kelingi ada transaksi narkotika. Informasi tersebut kemudian dikembangkan dan pihaknya mendapatkan ciri-ciri yang terduga pelaku yang saat itu tengah melaju ke arah Lubuk Linggau dengan mengendarai sepeda motor.

“Mendapati informasi tersebut anggota kami melakukan pencarian keberadaan pelaku sesuai dengan ciri-ciri yang didapatkan, selain itu anggota juga melakukan upaya pencegahan di depan Mapolsek Sindang Kelingi untuk menutup ruang gerak pelaku,” terang Helnita.

Sekitar pukul 16.30 WIB akhirnya yang diduga sebagai pelaku muncul di kawasan jalan Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi mengendarai sepeda motor dari arah Lubuk Linggau menuju Curup.

Anggota yang mengetahui langsung melakukan upaya pengejaran. Alhasil tiba di depan Masjid Kelurahan Beringin Tiga, pelaku meninggalkan sepeda motor dan berusaha kabur menuju pemukiman warga dengan sebelumnya membuang barang bukti sabu ke dalam siring.

BB paket sabu yang diamankan petugas

“Di depan masjid Beringin Tiga pelaku berusaha dihentikan anggota, namun pelaku memilih merobohkan sepeda motornya dan kabur berlari ke arah pemukiman warga, BB sempat dibuangnya ke dalam siring, namun berhasil ditangkap dan kita amankan, BB yang sempat dibuang juga berhasil ditemukan,”terang Helnita.

Menurut Helnita, hasil penyidikan sementara terhadap tersangka diketahui jika tersangka sengaja datang dari Kota Bengkulu untuk membeli Narkotika jenis sabu dan dia telah dua kali membeli sabu ke orang yang sama yang saat ini dalam penyidikan pihaknya.

“Tersangka adalah pengedar, tersangka mengaku sudah dua kali membeli sabu pada orang yang sama yang saat ini masih dalam penyidikan kita,”sampai Helnita.

Akibat perbuatannya, tersangka yang saat ini sudah resmi ditahan oleh penyidik Polsek Sindang Kelingi tersebut terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 8 Miliar sesuai dengan pasal 112 ayat (1) undang-undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (brn)