Diguyur Hujan Deras Semalaman, Banjir Landa 4 Wilayah Kecamatan di Lebong

Desa Nangai Amen (Lebong Donok) yang dilanda banjir akibat hujan deras yang mengguyur Senin malam/foto FB Iwan Sukma

LEBONG, sahabatrakyat.com– Hujan deras mengguyur Kabupaten Lebong semalaman, Senin (6/3/2017). Akibatnya sejumlah wilayah dilanda banjir. Setidaknya ada empat wilayah kecamatan yang terendam banjir, yakni Lebong Utara, Amen, Uram Jaya dan Lebong Tengah. Ketinggian banjir bervariasi, mulai selutut orang dewasa hingga mencapai satu meter lebih.
Di Lebong Utara, banjir melanda pemukiman warga Desa Kampung Muara Aman, Kelurahan Pasar Muara Aman, Tunggang, Kampung Jawa dan Nangai Amen. Selain luapan Sungai Amen, banjir juga dipicu genangan air di sejumlah titik selokan yang tersumbat.
Di Kecamatan Uram Jaya, desa yang dilanda banjir adalah Lemeu, Tangua, dan sekitarnya. Banjir di wilayah ini dipicu meluapkan Sungai Uram.
Banjir di Kecamatan Amen terjadi di Desa Garut. Air banjir berasal dari luapan Sungai Ketahun. Sementara di Lebong Tengah, banjir terjadi di Desa Paya Embik akibat meluapnya Sungai Kotok.
Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa. Namun aktivitas warga di desa-desa yang terkena banjir menjadi berbeda dari hari biasanya. Bahkan di SMPN 1 Lebong Utara, aktivitas belajar tidak bisa dilaksanakan lantaran air banjir juga masuk ke salah satu ruang belajar yang berada tak jauh dari bantaran Sungai Kotok. Siswa justru bergotong-royong membersihkan lumpur dan kotoran sampah yang ditinggalkan banjir yang mulai surut. (JF)