Dinas PMD dan Sosial Lebong Salurkan Paket Bansos

LEBONG, sahabatrakyat.com Pemkab Lebong melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos), Senin (08/06/2020), mulai menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kepala Dinas PMDSOs, Reko Haryanto S.Sos M.Si mengatakan bantuan sembako berupa beras, mie, gula, minyak goreng dan beberapa bahan kebutuhan lainnya itu merupakan wujud nyata kepedulian Pemkab Lebong kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Reko menyebut ada sekitar 9000 paket bantuan yang akan dibagikan ke masyarakat Lebong. Mereka yang menerima bansos yang bersumber dari APBD Lebong TA 2020 itu adalah warga yang belum disentuh paket bantuan sosial lain, seperti BST, PKH, BNPT dan BLT Dana Desa.

“Keluarga Penerima Movid-19 manfaat (KPM) untuk bantuan sembako Covid-19 dengan sumber APBD Lebong, adalah kepala keluarga yang tidak mendapat bantuan sosial lainnya dari pemerintah. Baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun instansi vertikal lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu,” kata Reko saat Launching Penyerahan Bantuan Covid-19 di
Kecamatan Lebong Sakti.

Reko juga menegaskan, keluarga penerima manfaat itu sudah melalui tahapan verifikasi agar tak terjadi tumpang tindih.

“Data penerima bansos APBD ini, kita sudah koordinasikan dengan pemerintah kecamatan dan kades. Artinya, sangat kecil kemungkinan terjadi tumpang tindih,” terang Reko.

Reko mengingatkan hingga Senin (8/6/2020), Lebong merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Bengkulu yang masih berstatus zona hijau.

Oleh sebab itu, masyarakat diharapkan dapat mematuhi imbauan dari pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan agar status zona hijau tersebut bisa dipertahankan.

“Mari ke depan kita tingkatkan sinergi ini, kemudian harapan kami. Mari kita saling bantu, kalau ada kesalahan dalam pelaksanaan, mari sama-sama kita memberikan koreksi untuk
tidak terjadi di kemudian hari,” demikian Reko.


Pewarta: Aka Budiman