Disorot Berbagai Kalangan, Ini Keputusan Pemkab BU Terkait Tugu Perjuangan

Tugu Perjuangan/foto firman-sahabatrakyat.com
Tugu Perjuangan/foto firman-sahabatrakyat.com

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Tugu Perjuangan Arga Makmur yang terkesan terlantar dan tidak mendapat perhatian Pemkab Bengkulu Utara melalui instansi terkait menuai sorotan berbagai pihak menjelang HUT Kota Arga Makmur ke-40 tahun beberapa waktu lalu.

Berbagai sorotan itu menyayangkan Pemkab BU yang tak dinilai tak menjaga atau memperhatikan monumen bersejarah sebagai simbol perjuangan lahirnya Kota Arga Makmur yang diresmikan pada 2 Oktober 1976.

Akhirnya, setelah Bupati BU Ir Mian melihat langsung kondisi Tugu Perjuangan, Pemkab BU memastikan pada tahun anggaran 2017, Tugu Perjuangan itu akan direnovasi agar menjadi lebih layak menjadi salah satu simbol kebanggaan daerah.

Hal itu diakui Kepala Bappeda Bu Mustarani Abidin, SH, M.Si kepada sahabatrakyat.com. Ia mengatakan, renovasi Tugu Perjuangan sudah dipastikan akan direnovasi tahun 2017 melalui Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum. “Renovasi menggunakan anggaran APBD Tahun 2017,” tutur Mustarani.

Lanjut Mustarani, beberapa waktu yang lalu dalam arahannya Bupati mengatakan untuk menjadikan areal Tugu Perjuangan sebagai ruang publik yang dapat dipergunakan warga masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan tentang sejarah kota Argamakmur, taman bermain yang dilengkapi wifi gratis dan panggung untuk penampilan seni budaya, serta untuk kepentingan publik lainnya.

Duta Parawisata Kabupaten Bengkulu Utara, Ratih saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com menyampaikan apresiasai dan ucapan terima kasih kepada Pemkab BU yang sudah mendengar suara dan aspirasi masyarakat terkait Tugu Perjuangan tersebut.

“Kita menyambut baik hal itu langsung ditanggapi dengan merencanakan renovasi, di sini kita berharap semoga itu benar-benar direalisasikan tepat waktu sesuai dengan perencanaan, agar tidak menimbulkan kekecewaan hingga kesalahpahaman kembali di tengah masyarakat,”kata Ratih.

Karena itu, Ratih juga mengajak masyarakat BU untuk bersama-sama, menghargai dan mendukung program kerja pemerintah tersebut. Ia mengimbau agar semua pihak bersama-sama menjaga apa yang menjadi simbol, ciri khas, serta aset daerah.

Penulis: MS Firman
Editor: Jees