Evi Kusnandar Nahkodai Pemuda Muhammadiyah Bengkulu Utara

 Sekretaris Pemufa Muhammadiyah Prov. Bengkulu saat menyampaikan sambutan

Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Prov. Bengkulu saat menyampaikan sambutan/foto firman-sahabatrakyat.com

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bengkulu Utara periode 2014-2018 kini dinahkodai Evi Kusnandar, S.Kep. Itu setelah dia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah Bengkulu Utara yang digelar baru-baru ini (9/2/2017) di Hotel Kurnia Desa Karang Anyar II, Kecamatan Kota Arga Makumur.

Musyawarah Daerah itu dihadiri langsung Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten BU, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten BU, Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Provinsi Bengkulu, OKP serta FKPD di lingkungan Pemda BU.

Musda Pemuda Muhammadiyah BU ini dibuka Bupati Bengkulu Utara yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga BU, M. Abidin, S.Ip. Selain menetapkan ketua terpilih, Musda juga telah menetapkan 13 orang anggota formatur untuk menyusun komposisi personalia Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten BU.

Dalam sambutannya, Bupati BU yang diwakilkan Sekretaris Dispora BU, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemuda Muhammadiyah yang melaksanakan Musda XVI yang mengangkat tema Semangat Baru Menuju Pemuda yang Berakhlak Mulia dan Maju.

“Ciri khas pemuda adalah semagat yang menggelora-mengelora itulah pemuda. Pemuda hari ini adalah pemimpin yang akan datang maka sadarlah wahai para pemuda, kalau tidak ada pemuda hari ini berarti tidak akan ada pemimpin pada masa yang akan datang, kalau tidak ada pemuda tidak akan ada yang namanya sumpah pemuda, kalau tidak ada pemuda di dalam Al-qur’an tidak ada yang namanya kisah ashabul khafi,” kata Abidin.

“Kita jangan terlena dengan kepeloporan-kepeloporan di zaman modern, maka dari itu kami pesankan kepada para pemuda khususnya Pemuda Muhammadiyah mari kita sama-sama mengarahkan, memanfaatkan semangat kepemudaan kita untuk hal-hal yang positif. Salah satu tugas Pemuda Muhammadiyah untuk mewujudkan itu, tunjukan bahwa pemuda punya potensi, punya kemampuan untuk berbuat dan berkiprah di negara dan bangsa yang kita cintai ini khususnya di Kabupaten BU ini,” tambah Abidin.

Sekretaris Pemuda Muhammadiyah, Gusman Fahrizal, M. Kom kepada sahabatrakyat.com mengatakan, salah satu sumbangsih Muhammadiyah yang tampak nyata adalah keberadaan kader pimpinannya yang telah melalui pembinaan dan perkaderan kepemimpinan di Muhammadiyah dan organisasi otonom Muhammadiyah sehingga menjadi organisatoris yang baik.

“Muhammadiyah adalah satu-satunya ormas yang memiliki keunggulan manajerial, organisasi ini tertata dan terstruktur secara berjenjang, sistematis dan hierarki, itulah yang membuat organisasi ini besar. Muhammadiyah adalah ormas Islam berdasarkan Al-Quran dan Sunnah yang bertujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam untuk mewujudkan masyarakat yang utama. Maka, seluruh amal usaha Muhammadiyah diarahkan mewujudkan tujuan itu,” jelas Rizal, sapaan akrabnya.

Ketua Pemuda Muhammadiyah terpelih Evi Kusnandar, S.Kep mengatakan dirinya membuka diri, dan mengajak potensi pemuda-pemuda Islam di Kabupaten Bengkulu Utara untuk berhimpun dalam wadah Pemuda Muhammadiyah.

“Di depan kita tampak nyata persoalan kepemudaan, seperti dekadensi moral dan maraknya penggunaan narkoba di kalangan pemuda. Ini adalah tantangan kita terbesar. Karena itu, seluruh kader muda Muhammadiyah harus mampu membentengi diri dan para kadernya senantiasa merawat ruhul ikhlas dan ruhul jihad membumikan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar di Kabupaten BU, narkoba adalah musuh kita bersama. Karena mustahil kita dapat mewujudkan umat Islam yang utama, jika potensi pemuda sudah diracuni oleh narkoba,” kata Evi Kusnandar.

Menurut Kusnandar, Pemuda Muhammadiyah BU harus menjadi bagian dari umat Islam yang saling menjaga dan menghormati sesama, umat yang merawat ukhuwah dan saling tasamuh, umat yang berlomba-lomba dalam kebaikan, tunjukkan bahwa kita adalah pemuda Islam yang telah dikader dalam persyarikatan Muhammadiyah yang senantiasa memberi keteladanan. (MS Firman)