Peserta launching area arung jeram Lebong akhir Agustus lalu/sahabatrakyat.com
Peserta launching area arung jeram Lebong akhir Agustus lalu/sahabatrakyat.com

LEBONG, sahabatrakyat.com- Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Lebong mulai menyusun program dan rencana kerja organisasi. Salah satu program kerja di bidang pembinaan dan prestasi adalah sekolah arung jeram.

Ketua Umum Pengkab FAJI Kabupaten Lebong Ir. Eddy Ramlan mengemukakan, sekolah arung jeram itu direncanakan dibuka paling lambat tahun depan. Selain putra-putri Lebong, sekolah arung jeram, kata Eddy Ramlan, juga terbuka bagi peserta dari seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

Eddy Ramlan mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemantapan terkait rencana pembukaan sekolah arung jeram di Kabupaten Lebong. “Untuk tahap pertama, sekolah arung jeram ini akan dibuka untuk tingkat pemula. Jika minat para peserta tinggi maka ke depan tidak menutup kemungkinan akan dibuka untuk tingkat lanjut,” ujar Eddy Ramlan.

Karena itu, tambah Eddy Ramlan, sekolah arung jeram FAJI Lebong akan mengutamakan anak-anak yang berusia 15 tahun ke atas. Diharapkan dalam kurun waktu maksimal dua tahun Lebong sudah punya atlet arung jeram yang bisa bersaing di tingkat daerah, regional, nasional bahkan internasional.

Salah seorang penggiat arung jeram pemegang sertifikat rescue R3 Australia, mengungkapkan, sekolah arung jeram bisa menjadi salah satu program FAJI Lebong untuk semakin memperkenalkan olahraga petualangan dan wisata ini ke masyarakat. Melalui sekolah arung jeram, ia berharap Lebong bisa menjadi salah satu daerah penyumbang atlet rafting bagi Bengkulu. (cw1)