Gapura Kerukunan Umat Beragama di Desa Rama Agung Dibangun

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Setelah dua tahun sejak mulai direncanakan, pembangunan gapura perlambang kerukunan umat beragama di Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur Bengkulu Utara akhirnya direalisasikan, Kamis (04/06/2020).

Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama yang  dipimpin langsung oleh Bupati BU Ir H Mian. Tampak hadir sejumlah pejabat penting di Kabupaten BU, termasuk tokoh agama di Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB Kabupaten BU.

Bupati Mian mengatakan spirit kebersamaan dan semangat persatuan melatari pembangunan gapura senilai Rp 250 juta itu.

“Bahwa kita sudah sepakat dari pimpinan terdahulu Arga Makmur Bengkulu Utara ini adalah miniaturnya Indonesia. Banyak suku, etnis, agama menjadi satu kesatuan,” ucapnya.

Dalam proses merealisasikan spirit itu lalu muncul terobosan baru dengan terbitnya SK Kementerian Agama yang menetapkan Desa Rama Agung sebagai pilot project kerukunan umat beragama di Kabupaten Bengkulu Utara dan satu-satunya di Provinsi Bengkulu.

Gerak soliditas semua pengurus FKUB menyampaikan dan membuat gagasan meskipun itu sudah melalui proses 2 tahun, mohon dimaklumi karena penyesuaian anggaran dan sebagainya, Pemerintah Daerah bersama DPRD baru bisa mengaktualisasikan di tahun anggaran 2020 dengan nilai dana 250 juta, kata Mian.

“Gapura ini menjadi ikon Kota Arga Makmur, menjadi sejarah karena kita tidak boleh melupakan sejarah. Ini akan terkenang nanti sejarah selamanya, saat siapa ketua FKUB-nya saat Ibnu Sehan jangan ngomong siapa bupatinya,” sampai Bupati.

Bupati Mian menambahkan, dukungan demi terwujudnya gapura ini juga datang dari Bank Bengkulu berupa kucuran dana CSR Rp 25 juta tahun 2019 untuk pembuatan taman gapura.

Kepala Desa Rama Agung Putu Suriade mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mengalokasikan dana Rp 250 juta untuk pembangunan gapura.

“Harapan kami atas nama masyarakat Desa Rama Agung kedepan mohon bimbingan, mohon binaan sehingga Desa Rama Agung ini betul-betul menjadi Desa percontohan kerukunan umat beragama dan Desa Rama Agung Kota Arga Makmur Bengkulu Utara ini menjadi miniaturnya Indonesia,” singkat Kades.


Pewarta : MS Firman