Jalan Dua Desa di Seluma Masih Tanah

Jalan menuju Desa Talang Rami dan Talang Beringin, Kecamatan Seluma Utara masih berupa tanah/Foto: Anto

SELUMA, sahabatrakyat.com- Dua desa di Kecamatan Seluma Utara, yakni Talang Rami dan Talang Beringin, hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Tais. Namun untuk menuju ke desa-desa ini aksesnya masih berupa jalan tanah. Belum pernah sekalipun diaspal apalagi hotmix.

Saat merasakan sendiri melalui jalan ini, medannya sangat sulit. Jangankan roda empat, kendaraan roda dua saja tak mudah melaju. Ini dalam kondisi kering. Belum dijajal saat hujan.

Di sisi lain, jalan ini hampir saban hari dilalui warga. Tak terkecuali anak-anak sekolah. Informasi dihimpun sahabatrakyat.com, saat diterpa hujan, anak-anak memilih tak pergi ke sekolah karena jalan licin dan berlumpur.

Arsan, warga Desa Talang Rami mengatakan usul pembangunan atau peningkatan jalan menuju dua desa itu sudah berkali-kali disampaikan ke pemerintah daerah. Namun belum pernah direspon.

“Pemerintah desa sudah berulang kali mengajukan proposal supaya jalan desa ini mendapatkan pembangunan supaya kami sebagai warga masyarakat bisa lebih leluasa untuk melakukan aktivitas,” ujarnya.

Kata Arsan, kondisi jalan yang belum memadai itu membuat warga sekitar harus mengeluarkan biaya relatif tinggi agar bisa membawa hasil pertaniannya ke pasar.

“Kami sangat terkendala untuk menjual langsung hasil pertanian kami, terpaksa kami menjual jauh dari harga pasaran, karena mobil yang menggangkut barang keluar hanya mobil tertentu saja atau mobil dobel kardan,” pungkas Arsan.

Keluhan Arsan itu diakui Kepala Desa Talang Beringin, Muksi. Menurutnya, kondisi jalan itu menjadi salah satu keluhan warga. Sementara pemerintah desa juga menunggu dan sangat berharap ada perhatian pemerintah daerah.

“Supaya kami juga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” harap Muksi.


Pewarta: Sukardianto