Jeruk Gerga dan Wisata Arung Jeram di Nusantara Expo & Forum 2016

Nusantara Expo dan Forum 2016/foto istimewa
Nusantara Expo dan Forum 2016/foto istimewa

LEBONG, sahabatrakyat.com– Tak cuma Pemprov Bengkulu dan Pemkab Bengkulu Utara yang memanfaatkan Nusantara Expo dan Forum 2016 yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Pemkab Lebong ternyata juga ikut serta. Di antara produk unggulan daerah yang dibawa ke sana adalah Jeruk Gerga dan wisata arung jeram, yang memang sudah mulai jadi ikon unggulan daerah ini.

“Kita membuka stand dalam kegiatan Nusantara Expro di TMII. Produk yang kita pamerkan berupa gula aren, jeruk Gerga, kopi Man, Kerupuk Ganefo, kerajinan tangan khas Lebong, bandrek hasil produksi UKM Lebong dan juga mempromosikan objek wisata arung jeram Sungai Ketahun,” kata Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah Lebong Drs A Gozali.

Ditambahkan Gozali, kegiatan promosi hasil UKM dan wisata Lebong di ajang Nusantara Expo ini bertujuan untuk memperkenalkan Kabupaten Lebong ke masyarakat luar dan juga bertujuan untuk membangun potensi produk lokal sebagai salah satu kekuatan ekonomi masyarakat.

“Harapan kita, produk yang kita miliki ini dapat dipasarkan ke daerah lain. Sehingga pertumbuhan usaha- usaha kecil menegah di Kabupaten Lebong bisa tumbuh dan berkembang dan menjadi satu kegiatan ekonomi yang menguntungkan para pelaku usaha,” katanya. 

Salah seorang Duta Lebong di kegiatan Nusantara Expo, Ety Novita, mengungkapkan, kunjungan pengunjung ke stan Pemkab Lebong cukup ramai. Produk unggulan yang paling diminati oleh pengunjun adalah jeruk Gerga dan wisata arung jeram sungai Ketahun.

“Untuk jeruk Gerga, cukup banyak peminat, rata-rata pengunjung yang datang membeli jeruk khas Lebong ini. Sayangya jeruk yang kita bawa tidak terlalu banyak sehingga cepat habis,” katanya. 

“Hal lain yang paling diminati pengunjung yakni lokasi wisata Arung Jeram Sungai Ketahun. Kita memang sengaja memutarkan video kegiatan arung jeram yang dilakukan pada Agustus lalu. Rata-rata pengunjung menanyakan kapan lagi dilaksanakan kegiatan yang sama dan meminta kita memberikan infomasi sehingga mereka bisa datang dan ikut dalam kegiatan tersebut,” kata Ety. (cw1)