Jumlah Bakal Calon Lebih 5 Orang, 10 Desa Ini Gelar Seleksi

ilustrasi/foto dinamikarakyat.com
ilustrasi/foto dinamikarakyat.com

LEBONG, sahabatrakyat.com- Jika tidak ada aral melintang, hari ini (06/12/2016), sebanyak 67 bakal calon kepala desa dari 10 desa yang tersebar di 6 kecamatan dalam Kabupaten Lebong akan mengikuti seleksi tertulis dan wawancara di SMA Negeri 1 Lebong Atas. Tes digelar lantaran jumlah calon yang akan ditetapkan tiap desa adalah maksimal lima orang calon saja.

Kabag Pemerintahan Sekkab Kabupaten Lebong Drs. Firdaus, M.Pd mengungkapkan dari 65 desa yang melaksanakan Pilkades, ada 10 desa dengan bakal calon kades lebih dari 5 orang. Karena itu, sesuai dengan aturan, akan dilakukan seleksi tingkat kabupaten untuk menentukan siapa saja yang berhak untuk ditetapkan sebagai calon kades.

Firdaus menyebut desa-desa yang menggelar seleksi tingkat kabupaten itu adalah satu desa di Lebong Sakti, yakni Desa Tabeak Dipoa, dengan jumlah 6 bakal calon. Lalu empat desa di Kecamatan Bingin Kuning: Desa Bungin (9 bakal calon), Desa Karang Dapo Atas (7 bakal calon), Desa Karang Dapo Bawah (6) dan Desa Talang Kerinci (6).

Selanjutnya untuk Kecamatan Rimbo Pengadang yaitu Desa Teluk Dien (6 bakal calon). Di Kecamatan Lebong Tengah yaitu Desa Semelako Atas (6 bakal calon), di Kecamatan Lebong Utara yaitu Desa Gandung (6 bakal calon) dan Desa Tunggang (6 bakal calon). Di Kecamatan Topos,  yaitu Desa Suka Negeri dengan 9 bakal calon.

“Tes hanya akan dilaksanakan satu hari. Peserta nantinya akan mengikuti tes tertulis dan dilanjutkan dengan tes wawancara, ” singkat Firdaus. (cw3)