Jumlah Pengunjung Perpustakaan Terus Turun

Suasana Perpustakaan Daerah Lebong, Sabtu (19/01/2019) yang sepi dari kunjungan/Aka Budiman

LEBONG, sahabatrakyat.com– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lebong mencatat jumlah pengunjung yang memanfaatkan perpustakaan daerah itu terus menurun. Data kunjungan 2016-2018 menunjukkan gejala itu.
Pada 2016 tercatat jumlah kunjungan sebanyak 1.297 atau rata-rata 108 pengunjung tiap bulan; Pada 2017 tercatat 1.225 kunjungan atau 102 kunjungan per bulan; dan data per September 2018 jumlahnya hanya 801 kunjungan atau jika dirata-rata, misalnya, hanya ada 89 kunjungan dalam satu bulan.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Ahmad Gozali melalui Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudaaan Kegemaran Membaca Azhar Amin mengatakan, pengunjung datang didominasi pelajar dan ASN.
“Minat masyarakat umum kurang. Yang kita ketahui dari data, banyak anak sekolah,” kata Azhar yang ditemui sahabatrakyat.com, Sabtu (19/01/2019) di ruang kerjanya.
Azhar bilang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sendiri sudah berupaya dengan berbagai program kerjanya agar jumlah kunjungan bisa terus meningkat. Seperti perpustakaan keliling, lomba perpustakaan desa, lomba bercerita dan bedah buku.
Azhar Amin

Menurut Azhar, dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi saat ini perpustakaan sudah selayaknya didukung juga dengan layanan internet yang memadai.
“Permasalahan yang ada saat ini wifi belum memadai serta belum adanya buku online,” ungkap Azhar.
Azhar menguraikan, jumlah judul buku yang ada saat ini tercatat ada 5.197 dengan cetakan buku (ekslemplar) sebanyak 12.533 yang terkumpul sejak tahun 2009 hingga 2018.
Buku yang tersedia berupa di antaranya buku bahasa Indonesia, ekonomi dan keuangan, ensiklopedia, ilmu politik dan ketata- negaraan, pengetahuan dan teknologi, industri dan perdagangan.
Lalu, peraturan perundang-undangan, pengetahuan umum, pengetahuan sosial, hukum dan administrasi keuangan, agama, seni dan budaya, sejarah, buku biografi, naskah, buku cerita, kimia, sastra, buku keagamaan Islam, matematika, olahraga, filsafat serta geografi.


Pewarta: AKA BUDIMAN
Editor: Jean Freire