Kades Gunung Besar Belum Ganti Perangkat, Camat: Resiko Tanggung Sendiri

Supadi SE
Supadi SE

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Kendati sudah diberi masukan dan peringatan, Zainal Abidin, kepala Desa Gunung Besar, Kecamatan Arma Jaya, hingga kini belum juga mengganti perangkat desanya bernama Irwansyah yang dia angkat sebagai kaur pemerintahan.

Seperti diketahui, Irwansyah tak memenuhi syarat lantaran tak punya ijazah pendidikan formal sebagaimana disyaratkan dalam Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 dan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Camat Arma Jaya Supadi SIP saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com, Rabu (22/02/2017) di rumah dinasnya, mengatakan pemerintah kecamatan sudah mengeluarkan rekomendasi dan teguran keras secara lisan maupun surat resmi supaya pengangkatan Irwansyah dibatalkan dan mengembalikan honor yang sudah dibayarkan selama menjabat kaur pemerintahan.

“Kami sudah berulang kali menegur dan memperingatkan kades yang baru menjabat untuk tidak mementingkan ego sektoral dan menahan diri untuk tidak mengangkat dan memberhentikan perangkat desa sebelumnya. Kami hanya bisa menghimbau, meminta Kades Gunung Besar agar segera mengembalikan uang honor yang telah diserahkan kepada perangkat desanya yang tidak memiliki latar belakang pendidikan karena hal ini sangat jelas telah melanggar aturan. Sudah kita peringatkan dari awal, kalau kalian tidak mengikuti aturan resikonya nanti kembali ke kepala desa kalau kalian bayar tidak sesuai dengan aturan,” ucap Supadi.

Supadi mengatakan, imbauan dan peringatan itu diberikan agar masalah tersebut tidak sampai ke ranah hukum. Namun jika tak kunjung diindahkan, Supadi menegaskan hal itu menjadi konsekuensi kades sendiri. “Harapan kita setelah menjabat kades tidak bermasalah dengan hukum dan apabila bermasalah dengan hukum agar dapat ditanggung sendiri hal ini dikarenakan kades merupakan pungguna anggaran,” katanya. (MS Firman)