Kajari Lebong Fadil Regan, Putra Rejang Asal Semelako

Bupati Lebong Rosjonsyah saat menyambut Kajari Lebong Fadil Ragen/Foto: sahabatrakyat.com-Aka

LEBONG, sahabatrakyat.com– Pemkab Lebong, Rabu (15/01/2020), menggelar penyambutan secara resmi kepala Kejaksaan Negeri Lebong yang baru, Fadil Regan SH MH. Fadil disambut dengan tarian dan prosesi adat di rumah dinas bupati Lebong di kawasan Danau Picung, Pelabai.

Upacara penyambutan itu dipimpin langsung Bupati H Rosjonsyah Syahili. Tampak mendampingi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekda, dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Lebong.

“Beliau ini asli orang Lebong, jadi dia keturunan raja kami juga,” tutur Bupati Rosjonsyah membuka sesi ramah tamah usai penyambutan di teras ruma dinas. Bupati Rosjonsyah menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas di bumi Swarang Patang Stumang.

Fadil Regan yang mendapat giliran lantas memperkenalkan diri. Ia menuturkan asal usulnya. Ia mulai dari nama.

Ragen, jelas dia, sesungguhnya adalah perpaduan suku Rejang dan Ogan, Sumatera Selatan. Darah Rejang dari sisi ayah, sedang Ogan atau Sumsel dari ibu–persisnya Sungai Ogan.

“Jadi seperti itulah nama saya, perpaduan dari suku Rejang dan suku Ogan Baturaja sana,” ujarnya.

Fadil lantas memaparkan singkat perjalanan tugasnya sebagai Aparat Sipil Negara Kejaksaan sebelum dilantik dan bertugas di Kabupaten Lebong pada 14 Januari 2020 oleh Kejati Bengkulu.

Kajari Lebong Fadil Ragen disambut tarian adat/Foto: sahabatrakyat.com-Aka

Karirnya dimulai pada tahun 2000-2004 ketika bertugas di Kabupaten Bengkulu Selatan. Lalu tahun 2004 dimutasi ke Palangkaraya sebagai kasi Pidana Khusus (Pidsus). Empat tahun kemudian atau pada tahun 2008, Fadil dimutasi ke Kejaksaan Agung. Pada 2012 ia dimutasi lagi ke Kejati Banten.

“Tahun 2015 saya dapat promosi eselon III, mulai berkantor di Kejati Maluku Utara, tepatnya di Sofifi,” sampainya. Fadil di sana hingga akhir Desember 2019 sebagai koordinator di Kejaksaan Tinggi Maluku.

Lebih lanjut, Fadil menyampaikan rencana terkait tugasnya. Untuk melaksanakan tugas ke depan, hubungan yang sudah baik yang dibangun oleh Kajari yang lama akan tetap dilanjutkan.

“Yang kurang akan kami tingkatkan, seperti itu pak. Dan ke depan kami juga siap mendukung pembangunan di Kabupaten Lebong,” tandasnya.


Pewarta: Aka Budiman