Kepala Kanwil Kemenhum dan HAM Bengkulu Minta Warga Lapas Jujur dan Komunikasi untuk Kebaikan

Suasana Safari Ramadan Kemenhum dan HAM Bengkulu di Lapas Arga Makmur/MS Firman-sahabatrakyat.com

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Bengkulu Drs, Liberti Sitinjak, MM, M.Si baru-baru ini (20/6/2017) mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Arga Makmur, Bengkulu Utara.
Kunjungan dalam rangka Safari Ramadan itu diikuti rombongan Makorem 041/Gamas Bengkulu dan unsur Pemkab Bengkulu Utara.
Safari ramadhan itu bertujuan mempererat ukuwah islamiyah, baik dalam maupun luar, jajaran Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu Drs, Liberti Sitinjak, MM, M.Si, di sela-sela sambutannya, mengajak warga binaan untuk bercerita tentang kondisi di Lapas. Ia meminta mereka bicara apa adanya.
“Jangan ada dusta di antara kita, agar kita bisa memperbaiki Lapas ini, pelan tapi pasti,” ucap Liberti.
Liberti juga meminta warga binaan tidak membohogi diri sendiri. “Dari cerita-cerita yang akan kita coba himpun, coba ceritakan apa adanya dan beri tahu saja, agar perlahan bisa kita perbaiki,” tambah dia.
“Saudara-saudara dibina dalam kejujuran, bicaralah apa adanya supaya nanti tidak tiba-tiba muncul keributan di sana, keributan di sini,” kata Liberti.
“Mari kita hindarkan hal-hal seperti itu dengan mengutamakan komunikasi dan silaturahmi, mudah-mudahan dengan adanya komunikasi itu saluran-saluran yang mampet selama ini secara perlahan bisa kita perbaiki di sana sini,” ajak Liberti.
Liberti berharap selama bulan suci Ramadhan berlangsung sampai dengan Idul Fitri mari tercipta suasana damai dan tenang di dalam Lapas Arga Makmur.
“Kita saling menghargai, saling menghormati mudah-mudahan semuanya menjadi berkah buat kita di kemudian hari,” katanya.
Terpisah Asisten I Setdakab Bengkulu Utara H. Edi Subroto, MM, M.Si mengatakan, pemerintah daerah mengucakan terima kasih kepada Kakanwil Kemenkum dan HAM Bengkulu yang telah membantu, terutama untuk penyelenggaraan pemerintah di bidang permasyarakatan.
“Kami, pemerintah daerah dalam teknis pelaksanaan akan selalu siap bersama-sama saling bahu membahu dengan Lapas Arga Makmur, ini suatu kewajaran dan kewajiban kami. Apalagi warga binaan, masyarakat yang berada dalam di Lapas ini yang sebagian besar warga masyarakat Bengkulu Utara,” ujar dia.
“Kami juga sampaikan dan mengapresiasi kepada bapak Edi Wayu Nugroho, SH, MH, Kalapas Arga Makmur yang selalu berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam hal pembinaan warga kita, penghuni Lapas ini,” lanjut Edi.
Khusus untuk warga binaan permasyarakatan, kata Edi, Pemkab berharap sabar dan tabah dalam menjalani pidana. “Karena dengan berbekal kesabaran serta keikhlasan kita semua akan mendapat hidayah serta ampunan dari Allah SWT,” tegasnya.
“Tentunya kami berharap keberkahan dan keridoan Allah tetap menaungi kita semua yang mungkin dapat tercermin dalam bentuk semakin kuatnya tali silaturahim di antara kita, pemerintah daerah, keluarga besar jajaran Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Lapas Arga Makmur,” papar Edi. (MS Firman)