Lebong Dapat DAK Wisata Rp 3 M. Bangun Air Putih, Batu Blibin, & Pulau Harapan

LEBONG, sahabatrakyat.com Dalam upaya menarik wisatawan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebong bakal membangun tiga objek wisata yaitu Air Putih di Desa Bioa Putiak, Pinang Belapis; Batu Blibin di Desa Lemeu, Uram Jaya; dan Pulau Harapan di Kelurahan Tes, Lebong Selatan.
Pembangunan itu masuk dalam program Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tahun Anggaran 2020 dengan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 3 miliar.
Kepala Bidang Pariwisata Lebong, Mahrul Rasyidi, S.Pd kepada sahabatrakyat.com, Selasa (17/12/2019) mengatakan, untuk wisata Air Putih akan dibangun pagar pembatas, tangga, jalan setapak dan lampu taman, panggung kesenian dan air bersih.
Sementara untuk wisata Batu Blibin rencananya akan dibangun antara lain pagar pembatas di area batu, tangga untuk naik ke batu, jalan setapak dan lampu taman.
Lalu di objek wisata Pulau Harapan bakal dibangun pagar pembatas, tangga, jalan setapak dan lampu taman.
“Semua persyaratan sudah kita penuhi. Makanya berani kita bangun,” ujar Mahrul yang ditemui di ruang tamu Sekretariat Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong.
Capaian PAD
Sementara itu, terkait sumbangan PAD sektor wisata, di tahun 2019 target pemasukan daerah sudah over target. Dari proyeksi Rp 45 juta kini sudah terkumpul Rp 50 juta. Bahkan diperkirakan masih akan bertambah hingga tutup tahun anggaran.
Tahun 2020, kata Mahrul, target PAD dinaikkan hingga Rp 60 juta dan diperkirakan bisa tercapai hingga 100 persen. “Kita usahakan tahun selanjutnya bisa naik seratus persen dari tahun 2019,” tuturnya.
Objek wisata yang menyumbang PAD, kata Mahrul, yaitu Danau Picung, Air Putih, Paliak, Danau Tes dan arung jeram dari hasil sewa perahu karet.


Pewarta: Aka Budiman