Lebong, Seluma, dan Kota Bengkulu Bakal Punya Rumah Pintar Pemilu

Rumah Pintar Pemilu
Rumah Pintar Pemilu

LEBONG, sahabatrakyat.com– KPU Kabupaten Lebong akan menjadi salah satu dari tiga lembaga penyelenggara pemilu dalam wilayah Provinsi Bengkulu yang akan menjadi pilot project pembentukan rumah pintar pemilu atau RPP. Dua satker lainnya adalah KPU Seluma dan KPU Kota.

Rencana pembentukan RPP itu diakui Ketua KPU Kabupaten Lebong Sugianto didampingi Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Devi Irawan SH, dan Divisi Teknis Penyelenggara Hendrivan Aptawan, Selasa (31/1/2017) di Tubei.

Sugianto mengatakan, KPU RI menargetkan pembentukan itu sudah bisa selesai Maret 2017. “Jadi saat ini kami sudah dalam tahap persiapan dengan mengacu ke petunjuk teknis dan pedoman yang sudah diterbitkan oleh KPU RI,” ujar dia.

Sugianto menjelaskan, rumah pintar pemilu adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program-project edukasi masyarakat.

“Rumah pintar pemilu itu nanti akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung upaya-upaya atau program edukasi untuk memberikan pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi,” papar Sugianto.

Berbagai fasilitas yang akan disediakan di rumah pintar pemilu itu, lanjut Sugianto, di antaranya ruang untuk menayangkan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi. Di rumah pintar pemilu akan ditampilkan materi Sejarah Pemilu, Pentingnya Pemilu dan Demokrasi, Sistem Pemilu, Tahapan Pemilu, Peserta Pemilu, Profil Penyelenggara Pemilu dan lainnya.

“Untuk KPU Kabupaten Lebong, kami akan mempersiapkan rumah pintar pemilu dengan mempertimbangkan daya dukung dan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada. Prinsipnya, keempat fungsi ruang yang menjadi acuan dari KPU bisa diakomodir,” demikian Sugianto. (**)