Dewan Minta SDA Dipetakan

6
Anggota DPRD Lebong, M. Gunadi Mursalin, S.Sos

Lebong – Anggota DPRD Lebong M. Gunadi Mursalin, S.Sos meminta agar Pemda Lebong melalui instansi terkait melakukan pemetaan wilayah berdasarkan potensi sumber daya nya. Baik itu sumber daya pertanian, pertambangan, perikanan, perkebunan maupun potensi sumber daya lainnya yang ada di Kabupaten Lebong.

“Hal ini diperlukan agar dalam penyusunan program kerja dalam rangka pensejahteraan masyarakat melalui Satuan Kerja masing-masing bisa semakin tepat sasaran dan terealisasi optimal serta benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pemetaan tersebut juga bisa dijadikan database potensi sumber daya bagi Kabupaten Lebong.” kata Gunadi.

Dengan adanya pemetaan wilayah potensi tersebut, lanjut Gunadi, Kabupaten Lebong dalam melakukan pembangunan bisa lebih terarah dan tertata. Dicontohkanya, jika ada bantuan dan program yang akan direalisasikan kepada masyarakat, selama ini sering dipukul rata tanpa melihat potensi wilayah yang akan dijadikan sasaran.
“Contoh misalnya ada bantuan karet, tidak semua wilayah yang memiliki potensi perkebunan karet. Tapi bibit karet ini sering dibagikan merata keseluruh wilayah. Sehingga tidak bisa optimal pemanfaatannya. Selain itu seperti potensi sumber daya mineral, kalau kita sudah memiliki peta potensi, jika ada investor datang, kita tinggal menyampaikan saja dimana yang ada batu bara, dimana yang ada emas atau perak,’’ terang Gunadi mencontohkan.

Begitu juga penganggaran, sambung Gunadi, di bidang pertanian, perikanan, kehutanan dan perkebunan. Kegiatan pengadaan bantuan bibit dan lain sebagainya, bisa dengan mudah terpetakan untuk pembagiannya jika Lebong sudah memiliki pemetaan potensi tersebut. Dimana wilayah perikana, pertanian, perkebunan dan kehutanan sudah jelas. Jadi tinggal menentukan berapa besar bantuan dan difokuskan kemana bantuan tersebut.
“Kalau tidak, sering terjadi program bantuan maupun pembangunan tidak tepat sasaran. Yang muaranya pada sia-sianya anggaran yang akan dikeluarkan melalui APBD maupun APBN. Kita berharap satuan kerja terkait bisa menyusun pemetaan wilayah potensi tersebut. Apalagi saat ini Lebong memang memiliki berbagai potensi, baik dibidang pertanian, perikanan maupun sumber daya energy,’’ demikian Gunadi.