Foto : Mobnas Lebong
Foto : Mobnas Lebong

Lebong – PNS jajaran Pemerintah Kabupaten Lebong yang memiliki atau menguasai kendaraan Dinas baik roda dua maupun roda empat, Pemda Lebong tidak melarang kendaraan dinas ditangan masing-masing PNS baik itu di sekretariat maupun Dinas dan Kantor untuk dibawa mudik dihari lebaran tahun ini. Hanya saja dengan beberapa persyaratan diantaranya adalah tanggung jawab sendiri mulai dari perawatan hingga biaya yang digunakan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong, Mirwan Effendi, SE, M.Si mengungkapkan Pemda tidak melarang bagi PNS yang akan membawa mobnas mudik lebaran, hanya saja dalam pembiayaan atau operasional ditanggung sendiri. Karena untuk hal seperti itu adalah digunakan untuk kepentingan atau keperluan pribadi. Maka dari itu tetap kewajiban untuk menjaga mobnas tersebut. Apabila mengalami kerusakan atau ada resiko lain dalam hal ini diluar kepentingan kedinasan, pertanggung jawaban kembali ke individu masing-masing.

“Tidak apa-apa kendaraan Dinas dibawa untuk kepentingan mudik lebaran, asal bertanggung jawab. Tapi, kalau rusak wajib diperbaiki dan pemerintah tidak menanggung atau memberi dana bagi PNS yang akan bepergian guna kepentingan pribadi tersebut,” kata Mirwan.

Selain itu, masalah dana yang dianggarkan untuk kendaraan dinas, peruntukannya dalam hal melaksanakan kepentingan kedinasan, mulai dari biaya bensin hingga perawatan dan segala macamnya tersebut, bisa diberikan untuk tujuan kedinasan. Namun bila ada kepentingan sendiri seperti mudik lebaran, bensin ditanggung sendiri.

“Kita tidak akan memberikan dana bensin untuk mereka yang ada urusan pulang mudik, termasuk kepentingan pribadi lainnya, urusan biaya dananya kembali kepada priibadi masing-masing,” tegas Mirwan. (CW1)