Penuhi Kebutuhan Lebaran, Lebong Butuh 30 Ekor Sapi

Foto : Ilustrasi, Istimewa. Sapi
Foto : Ilustrasi, Istimewa.

Lebong – Menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H mendatang, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Lebong memperkirakan jumlah kebutuhan daging Kabupaten Lebong akan meningkat. Diperkirakan sekitar 30 ekor sapi atau kerbau baru akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama lebaran mendatang. Sayangnya dari jumlah tersebut hingga saat ini Kabupaten Lebong masih bergantung dari Kabupaten tetangga seperti Bengkulu Utara untuk memasok sapi yang nantinya akan dipotong.

“Kita sendiri memiliki beberapa wilayah yang melakukan ternak, seperti di Kecamatan Pinang Belapis atau di Desa Ladang Palembang. Hanya saja jumlah tersebut, khususnya untuk daging sapi belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dalam menghadapi hari raya idul fitri. Sementara untuk kebutuhan daging kerbau kita dapat memenuhinya, ” ujar Kepala Disnakan Kabupaten Lebong Ir. Achmad Yon.

Jumlah kebutuhan daging jelang lebaran, tentunya naik jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Diamana untuk Kabupaten Lebong rata-rata setiap minggu hanya membutuhkan empat ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan daging. Dengan demikian artinya satu bulan, jumlah konsumsi daging masyarakat Lebong hanya membutuhkan 12 ekor sapi.

“Apalagi saat ini masyarakat sudah mulai memasuki musim panen sehingga kebutuhan daging pada lebaran diprediksi akan jauh meningkat. Pada awal puasa, kita mencatat sebanyak 20 sapi dipotong untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Nah saat lebaran nanti kita perkirakan sekitar 30 ekor sapi, ” ungkap Yon. (CW Tar)