Pondok Lucuk Tes, Potensi Besar Belum Hasilkan PAD

1 (2)

Lebong – Pengelolaan objek wisata Pondok Luncuk yang berada di Desa Kota Donok Kecamatan Lebong Selatan, lebaran tahun ini sepertinya belum bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemda Kabupaten Lebong. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Lebong Mahmud Siam, SP, MM melalui Kabid Pendapatan dan Bagi Hasil Syarifuddin, M.Si.

Dijelaskan Syarif, sebagaimana koordinasi dengan Dinas Parbudhub Lebong, dalam pengelolaan objek wisata menjelang idhul fitri, ada beberapa lokasi yang akan dimaksimalkan. Diantaranya PLTA Tes, Pondok Lucuk Kecamatan Lebong Selatan. Lalu Irigasi Paliak di Kecamatan Uram Jaya.

Untuk lokasi PLTA Tes, sambung Syarif, diperkirakan bisa menghasilkan PAD hingga Rp 4 juta selama lebaran. Sedangkan untuk Irigasi Paliak, masih dikoordinasikan dan untuk Pondok Lucuk sendiri, dipastikan belum bisa mendapatkan PAD karena dilokasi memang belum ada kebijakan pungutan retribusi.

‘’Untuk pengelolaan sudah dikoordinasikan dengan pemerintah setempat, baik kelurahan maupun desa. Sementara untuk pondok lucuk, dari keterangan pemerintah desanya memang tidak ada pungutan. Karena berbagai alasan, namun akan diupayakan mulai tahun depan,’’ demikian Syarif. (CW1)