Mangkrak, Bunda PAUD Bakal Tinjau Gedung PAUD Desa Suka Mulya

Eko Kurnia Ningsih

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Masalah yang membelit pembangunan gedung PAUD di Desa Suka Mulya, Kecamatan Giri Mulya, Kabupaten Bengkulu Utara, kini menyita perhatian Bunda PAUD Kabupaten Bengkulu Utara, Eko Kurnia Ningsih.
Eko Kurnia Ningsih menyesalkan fasilitas pendidikan bagi anak usia dini itu tak kunjung dimanfaatkan walau sudah dibangun sejak 2015 dan dilanjutkan pada 2016. Apalagi dana yang dihabiskan mencapai ratusan juta rupiah.
Jika tak ada kendala, dalam waktu dekat Ketua TP PKK Kab. Bengkulu Utara itu berencana meninjau langsung gedung PAUD tersebut untuk mengetahui secara langsung persoalan di lapangan.
Di sisi lain, Eko Kurnia Ningsih juga mengingatkan Bunda PAUD di tingkat kecamatan dan desa agar bekerja, ikut berperan aktif menyelesaikan persoalan yang terjadi di wilayahnya.
“Setelah dikukuhkan jangan ada lagi Bunda PAUD yang tidak bekerja bahkan tidak melaporkan adanya permasalahan di lapangan,” pesan Eko Kurnia Ningsih saat mengukuhkan Pokja PAUD Kab. Bengkulu Utara, Rabu (17/5/2017) di Arga Makmur.
Kepada sahabatrakyat.com, Eko Kurnia Ningsih mengungkap adanya PAUD lain yang justru setelah berdiri tidak memiliki peserta didik atau murid, yakni di Kecamatan Air Besi.
Ia berharap semua persoalan PAUD bisa diselesaikan. Apalagi sebagai Bunda PAUD, Eko Kurnia Ningsih bertekad setiap desa di Bengkulu Utara ada PAUD, satu desa satu PAUD.
Bunda Paud Kabupaten Bengkulu Utara saat melantik Pokja PAUD kabupaten bengkulu utara

Saat ini, kata Eko Kurnia Ningsih, dari total 215 desa dalam Kabupaten Bengkulu Utara, ada delapan desa lagi yang belum punya PAUD.
“Kita berharap pendidikan anak dapat ditanamkan sejak usia dini karena di masa tersebut anak dapat menangkap pelajaran, baik mengenai akhlak maupun sopan santun,” kata dia.
Eko Kurnia Ningsih menandaskan, pendidikan anak usia dini merupakan prioritas pembangunan sumber daya manusia yang dipandang sebagai titik sentral yang sangat potensial dan startegis mengingat bahwa masa usia dini merupakan masa keemasan, namun sekaligius merupakan periode yang sangat kritis dalam perkembangan.
Penyelenggaraan PAUD, kata dia, sudah menjadi komitmen secara nasional, termasuk pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Utara.
“Oleh karena itu saya mengajak setiap komponen masyarakat organisasi mitra PAUD serta pemerintah daerah dan saudara-saudara pengurus Pokja PAUD Kabupaten Bengkulu Utara seiring, sejalan dalam memajukan pendidikan anak usia dini, sehingga layanan PAUD di Bengkulu Utara semakin maju dan dapat menghasilkan anak-anak bangsa yang cerdas,” demikian Eko Kurnia Ningsih.