Menikmati Pesona Wisata Bukit Barisan Kuro Tidur

Bunga Rafflesia Gadutensis yang tengah mekar di Dusun IV Desa Kuro Tidur/firman.sahabatrakyat.com
Bunga Rafflesia Gadutensis yang tengah mekar di Dusun IV Desa Kuro Tidur/firman.sahabatrakyat.com

Potensi objek iwisata di Kabupaten Bengkulu Utara tak cuma air terjun Palak Siring. Masih ada objek lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Bukit Barisan Kuro Tidur, Kecamatan Kota Arga Makmur. Tepatnya di Dusun IV yang berada di sebelah utara Kota Arga Makmur.

Selain mudah dijangkau, baik dengan kendaraan roda empat maupun sepeda motor, waktu tempuhnya juga relatif singkat. Sebelum tiba di tujuan, kita bakal menikmati keindahan alam lereng bukit yang masih alami dan menyimpan beraneka ragam flora dan fauna.

Ipit, Ketua Karang Taruna desa setempat, saat dijumpai sahabatrakyat.com di Pos Darma Wisata Wana Bhakti (9/9), mengatakan wisata yang diunggulkan di area ini adalah Curug Tik Ba’es atau sebagian para penikmat alam menyebutnya Air Terjun Bagus, yang menjadi destinasi tersendiri bagi para penggunjung.

“Untuk menuju air terjun, dapat ditempuh dalam perjalanan satu setengah jam, dan menyeberangi tiga aliran anak sungai,’ terang Ipit.

Air Terjun Tingkat ke-2/firman.sahabatrakyat.com
Air Terjun Tingkat ke-2/firman.sahabatrakyat.com

Ketua KPA Margapala Canggih Prastya Novana Candra, menambahkan, untuk memudahkan para penggunjung, anggota KPA Margapala telah membuka jalur menuju air terjun yang berada di lereng Bukit Barisan tersebut.

Perjalanan dimulai dari sekertariat Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) Dusun IV Desa Kurotidur. Saat perjalanan menuju lokasi, keindahan air terjun Curug Tik Ba’ es sesuai dengan data dan cerita yang didapat. Selain kesejukkan air yang mengalir dari ketinggian, keasrian alam sangat terasa saat berada di lokasi.

Pintu Masuk air terjun/firman.sahabatrakyat.com
Pintu Masuk air terjun/firman.sahabatrakyat.com

Selain disuguhi keindahan air terjun, di kawasan Curug Tik Baes juga tumbuh dua puspa langka Rafflesia Bintang (Rhizantes Deceptor) dan Rafflesia Gadutensis yang saat ini mekar sempurna.

Penulis: MS Firman
Editor: Jees