Panwas Tak Berintegritas Langsung Dipecat

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong, Senin (23/12/2019), menggelar pelantikan 45 anggota Panwas Kecamatan se-Kabupaten Rejang Lebong untuk mengawasi proses Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.
Ketua Bawaslu Rejang Lebong Dodi Hendra Supiarso memimpin jalannya pelantikan yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB di aula Hotel Golden Rich 88 Curup yang juga disaksikan langsung 2 anggota Bawaslu Rejang Lebong lainnya.
Hadir juga Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Halid Saifullah SH, MH, Asisten II Setkab Rejang Lebong, Kesbang Pol, Kajari Rejang Lebong, Pasi Intel Kodim 0409 RL, dan anggota KPU Rejang Lebong.
Usai pelantikan, Dodi mengatakan untuk memantapkan tugas dan wewenang, anggota Panwas Pemilihan Kecamatan diwajibkan pula mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) selama 2 hari.

“Pelantikan sudah kita laksanakan, dimana di dalamnya ada pengucapan sumpah dan janji anggota Panwas, selain itu untuk memberikan bekal kepada para anggota Panwas yang baru dilantik, juga dilaksanakan Bimtek bagi mereka. Kegiatan ini wajib diikuti oleh 45 anggota Panwas selama 2 hari ke depan,” terang Dodi.
Sementara itu Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Halid Syaifullah SH, MH yang juga menjabat sebagai Kordiv Penindakan di hadapan anggota Panwas Pemilihan Kecamatan yang baru dilantik menegaskan soal integritas.
Menurut Halid modal awal seorang penyelenggara adalah integritas diri. Halid menegaskan jika anggota Panwas Pemilihan Kecamatan yang sudah dilantik terbukti tidak memilili integritas maka yang bersangkutan akan langsung diberhentikan.
“Tidak cukup dengan pintar, memiliki pergaulan dan pengalaman, jika tidak memiliki integritas tidak ada tawar menawar, akan langsung diproses dan diberhentikan. Penyelenggara harus amanah, jangan pernah berkhianat dengan sumpah yang sudah diucapkan,” tegas Halid.

Di sisi lain Halid juga menyampaikan bahwa proses perekrutan penyelenggara tingkat kecamatan saat ini sudah berbeda dengan sebelumnya. Di antaranya tes tertulis yang sudah menggunakan CAT.
“Ini sebuah awal yang jauh sangat baik, ini menunjukkan bahwa proses seleksi tidak bisa asal jadi, saat ini sudah menggunakan CAT, dimana nilainya masing-masing bisa langsung mengetahui,” ungkap Halid.
Berdasarkan informasi yang didapat, anggota Panwas Pemilihan Kecamatan yang dilantik berdasar Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong Nomor : 14/K. BE-08/HK.01 01/XII/2019. Surat Keputusan Penetapan 45 nama anggota panwas yang dilantik langsung dibacakan oleh Korsek Bawaslu Rejang Lebong Septi Maryati.(brn01)