PDAM Lebong Kehilangan Sumber Air

Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong, Drs. Sofian Razik
Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong, Drs. Sofian Razik

Lebong – Paska kejadian longsor dan banjir bandang di wilayah Kecamatan Lebong Selatan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tebo Emas juga terkena imbas, karena salah satu sumber mata air yang selama ini dimanfaatkan PDAM untuk melayani diwilayah Kecamatan Lebong selatan ikut terdampak yakni di Kelurahan Mubai.

“Salah satu sumber mata air yang kita gunakan di Lebong Selatan hilang paska kejadian di Lebong Selatan sehingga tidak bisa mengalir ke rumah pelanggan. Sumber air ini berada di sawah melintang Kelurahan Taba Anyar sedangkan inteknya berada di Kelurahan Mubai,” kata Sopian.

Terkait permasalahan ini, Direktur PDAM meminta maaf kepada pelanggan PDAM yang ada di wilayah Lebong Selatan dan saat ini pihaknya masih mengupayakan sumber air baru di wilayah Desa Mangkurajo untuk dimanfaatkan dan disalurkan ke pelanggan PDAM di wilayah Kecamatan Lebong Selatan dan Bingin Kuning.

“Dalam beberapa hari ini air sempat masuk lagi ke intek namun debitnya kecil, namun kita kawatir air tersebut tercemar belerang sehingga air tidakkita alirkan ke rumah pelanggan,” jelas Sopian.

Untuk mengganti sumber air PDAM Lebong Selatan ke wiayah Mangkurajo, pihak PDAM Lebong masih mengajukan permohonan ke Balai Sungai Wilayah VII. Tujuanya agar bisa dibangun intek dan instalasi pipa dari lokasi intek ke pipa PDAM yang telah ada di wilayah Kecamatan Lebong Selatan.

“Kita belum bisa memastikan kapan pemindahan sumber air ini bisa dilakukan, karena membutuhkan proses. Tapi harapan kita usulan ini bisa diterima Balai Sungai Wilayah VII sehingga krisis air di Lebong Selatan dan Bingin Kuning bisa segera teratasi,” Pungkas Sopian Razik‬.(CW1)