Pemkab BU Bakal Hibahkan 40 Ekor Sapi ke 10 Kelompok Peternak


BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara akan menghibahkan 40 ekor sapi Bali kepada peternak sebagai upaya meningkatkan populasi sapi di wilayah Bengkulu Utara.
“Empat puluh ekor sapi potong itu akan diserahkan kepada 10 kelompok perternak sapi yang berada di wilayah Bengkulu Utara,” kata Kepala DinasTanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Bengkulu Utara, Darlis, SP Kamis (18/1/2018.
Darlis menjelaskan, pada APBD tahun 2018, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 420 juta untuk pembelian 40 ekor sapi itu. Setiap kelompok akan mendapatkan 4-5 ekor sapi.
“Nantinya program ini akan dilaksanakan dengan sistem bergulir atau bergiliran dalam pembiakannya,” jelas Darlis.
Menurut dia, agar pemberian bantuan ternak sapi tersebut tepat sasaran, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pendataan kepada calon penerima lokasi bantuan (CPCL) sehingga penerima hibah benar-benar valid.
Pemberian bantuan tersebut juga bukan untuk para calon peternak, melainkan untuk para peternak yang telah mahir dan telah memiliki peternakan sendiri, baik itu di lingkungan tempat tinggalnya maupun di lokasi lain yang memang miliknya.
“Pemanfaatan bantuan ini akan diawasi. Para peternak tidak dibenarkan menjual hasil bantuan, melainkan dilakukan pengembangan terhadap populasi dari hewan ternak itu sendiri, Jika ada yang ketahuan menjual sapi bantuan ini akan kita tindak tegas” katanya.
Ia mengharapkan, dengan adanya bantuan tersebut maka populasi sapi di ‘Bumi Ratu Samban’ dapat meningkat sehingga mampu memenuhi kebutuhan daging sapi tanpa bergantung daerah lain.
“Dengan meningkatnya populasi sapi, kita juga bisa membantu pemenuhan daging sapi untuk daerah atau kabupaten lain,” katanya.


Pewarta: MS Firman
Editor: Jean Freire