Pemuda Rejang Lebong Ini Ciptakan Aplikasi Android di PC, Laptop dan Notebook

APLIKASI: Android Magic, aplikasi android yang bisa dioperasikan di PC, laptop dan notebook yang diciptakan Maryanto/foto vikter-sahabatrakyat.com
APLIKASI: Windroid Magic, aplikasi android yang bisa dioperasikan di PC, laptop dan notebook yang diciptakan Maryanto/foto vikter-sahabatrakyat.com

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Kreatifitas, cermat melihat fenomena serta mampu membaca peluang di lingkungannya merupakan salah satu modal bagi siapa saja yang mau maju dan sukses.

Itulah kira-kira yang dimiliki anak muda asal Rejang Lebong ini. Maraknya pengguna hp android dan aktivitas ber-media sosial (Facebook, BBM, WhatsApp) saat ini rupanya menginspirasi dia untuk membuat alat teknologi ini juga bisa dioperasikan tanpa perlu hp tapi bisa di komputer (PC), notebook atau di laptop.

Maryanto
Maryanto

Namanya Maryanto. Dia siswa di Ciko Komputer Rejang Lebong. Bermula dari coba-coba, Maryanto berhasil membuat aplikasi yang disebutnya dengan Windroid Magic.

“Aplikasi ini sangat praktis karena hanya menggunakan flash disc. Semua orang bisa bermain layaknya hp android. Semua aplikasi android lengkap seperti LINE, BBM, Facebook, WhatsApp, dan tampilan menunya pun sama dengan android. Bedanya hanya medianya saja menggunakan notebook atau laptop,” terang Maryanto.

Ditemui sahabatrakyat.com di kediamannya, Maryanto menuturkan awal mula muncul ide penemuannya itu. “Saat itu (sore) hp saya dibawa adik saya dan laptop saya rusak. Saya sangat bingung bagaimana saya mau BBM-an dan FACEBOOK-an. Saya mulai berpikir kalau saja ada aplikasi android di laptop sepertinya lebih menarik,” tuturnya.

“Saya lalu meminjam laptop teman dan saya mulai merancang aplikasi tersebut. Kurang lebih satu bulan saya merancang aplikasi itu. Walaupun saya sempat menyerah karena selalu gagal tetapi akhirnya berhasil juga,” kata dia.

Saat ini Maryanto sudah mulai mempromosikan temuannya itu. Bahkan sudah ada yang membelinya. Maryanto berharap sekali bisa memperbanyak temuannya. Namun ia terbentur keterbatasan dana. “Jadi kalau ada yang pesan saja baru saya bikin,” ujar dia.

Maryanto berharap ada pihak yang bisa membantu usahanya, terutama Pemkab Rejang Lebong. “Karena menjual aplikasi ini dalam bentuk flash disc, saya berharap pemerintah terutama pemerintah Rejang Lebong dapat memberikan bantuan dana kepada saya untuk memproduksi aplikasi yang saya buat demi kemajuan teknologi di Rejang Lebong.” kata Maryanto. (cw7)

 

Editor: Jees