Perangi COVID-19, Pemerintah Desa Tangga Batu Semprot Disinfektan

SELUMA, sahabatrakyat.com- Dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai virus corona di wilayah Kabupaten Seluma, umumnya, dan Desa Tangga Batu, khususnya, pemerintah desa setempat menggelar aksi penyemprotan disinfektan massal,
Sabtu (2/5/2020).

Gerakan memerangi Covid-19 oleh Pemerintah Desa Tangga Batu itu digelar bersam-sama BPD, Babinkamtibmas dan Babinsa serta warga masyarakat setempat. Cairan disinfektan menyasar fasilitas umum dan pemukiman warga.

 

Kepala Desa Tangga Batu, Ir Sarjono, mengatakan aksi penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pencegahan Covid-19 itu juga sesuai dengan instruksi Bupati Seluma, H Bundra
Jaya SH MH, dan Maklumat Polri dan arahan TNI.

“Beberapa target penyemprotan seperti perkantoran desa, gedung sekolah, rumah ibadah, permukiman warga. Termasuk di pasar desa,” papar Sarjono.

Sarjono berharap, kegiatan penyemprotan disinfektan itu diikuti masyarakatnya dengan membudayakan hidup sehat. Ia juga mengingatkan agar semua pihak mengikuti arahan dan anjuran pemerintah demi mencegah sebaran virus.

“Saya berharap kepada seluruh warga Desa Tangga Batu, khusus nya, dan umumnya kepada masyarakat Kabupaten Seluma supaya dapat melakukan dan menjaga kebersihan di ruang lingkup masing -masing. Membiasakan mencuci tangan pakai sabun
seusai melakukan aktifitas atau kegiatan di luar rumah maupun di dalam rumah,” ujar Sarjono.

“Dan sebagai himbauan saya atas nama Pemerintah Desa Tangga Batu kepada warga supaya tidak melakukan perjalanan keluar daerah atau keluar propinsi untuk sementara waktu sembari menunggu kondisi kondusif,” tambah Sarjono.

Ia juga meminta warga supaya tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengundang orang banyak atau mengadakan acara seperti resepsi pernikahan dan lainnya demi mencegah dan memutus mata rantai virus Covid-19.

Kepada kepala dusun dan perangkat desa lainnya, Sarjono juga mengingatkan untuk terus memantau warganya. Jika ada rekan, kerabat atau saudara yang pulang dari luar
propinsi agar segera melaporkan ke pemerintah desa, kades, atau sekdes
agar bisa ditangani sesuai protokol kesehatan.

Kades Tangga Batu, Ir Sarjono

“Perlu saya ingatkan kepada masyarakat agar dapat menaati atas himbauan pemerintah, TNI, Polri.

Dalam hal ini saya selaku Pemdes untuk mengingatkan kembali kepada adik sanak
saudara, yang ada di luar daerah atau di perantauan, supaya dapat menunda rencana mudik lebaran nanti,” kata Sarjono. (ADV)


Pewarta: SUKARDIANTO