Pesan Mendagri di Hari Jadi Satpol PP, Linmas dan Damkar

Upacara HUT Satpol PP ke- 69, Linmas ke- 57 serta Damkar ke- 100, di Kabupaten Kepahiang/ist

BENGKULU- Peringatan hari jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69, Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-57 serta Pemadam Kebakaran (Damkar) ke -100, dipusatkan di Kabupaten Kepahiang, Senin (25/03/2019).

Puncak peringatan hari jadi tiga komponen bangsa tersebut dengan digelarnya Upacara, yang diikuti seluruh pasukan Satpol PP, Linmas serta Damkar provinsi, kabupaten dan kota Bengkulu, di halaman Kantor Bupati Kepahiang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, yang dihadiri Bupati Kepahiang dan istri serta unsur Forkompinda Kabupaten Kepahiang.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tjhayo Kumolo dalam amanatnya menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah terkait pengendalian kebakaran serta penyelenggaraan ketertiban umum.

Mendagri RI Tjahyo Kumolo meminta agar menguatkan kapasitas anggaran pada sub-sub Pemadam Kebakaran dan Ketertiban Umum.

“Pembentukan dinas kebakaran yang melini, yang tidak bergabung dengan perangkat lainnya dan penguatan sub Satpol PP dan Satlimas menjadi sebuah kepercayaan seiring dengan tugas, fungsi dan tanggungjawab yang diemban,” sampai Sekda Nopian Andusti, membacakan amanat Mendagri RI Tjahyo Kumolo.

Selanjutnya, Mendagri juga meminta Kepala Daerah melakukan penguatan aparatur, baik secara kuantitas maupun kualitas.

“Secara kualitas terjamin fungsi aparatur melalui perintah yang tepat dan terjamin, termasuk kesejahteraan aparat,” kata Nopian.

Melakukan penguatan kapasitas prasarana dalam pelaksana tugasnya, terutama sarana dan prasarana untuk profesi aparatur dan pendapatan masyarakat.

“Alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian standar pelayanan yang prima yang berpedoman pada aturan Mendagri terkait alokasi APBD,” sampai Nopian, diakhir amanat Mendagri.

Mendagri berharap agar aparatur yang tergabung dalam Satpol PP, Linmas serta Damkar dapat terus meningkatkan kapasitas demi mewujudkan perlindungan negara ini.


Editor: Jean Freire