Polisi Sita Ribuan Obat Kuat Palsu dan Amankan 2 Warga

Konferensi Pers Polres Kaur atas pengungkapan peredaran obat diduga palsu, Senin (17/08/2020)/Foto: Ist

KAUR, sahabatrakyat.com- Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satuan Reserse Kriminal Polres Kaur Polda Bengkulu berhasil mengungkap peredaran obat kuat dan kosmetik yang diduga palsu yang beredar di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Kasat Reskrim Polres Kaur Iptu Pedi Setiawan dalam press conference, Senin ( 17/08/2020) mengungkapkan, dalam kasus pengungkapan tindak pidana obat palsu tersebut pihaknya juga berhasil menangkap dua tersangka berikut barang bukti ribuan sachet obat kuat dan alat kecantikan yang diedarkan.

”Untuk tersangka ada 2 orang yang kami tangkap, sedangkan untuk barang bukti bermacam-macam, ada kosmetik, obat kuat juga,” ungkap Iptu Pedi.

Dijelaskan Iptu Pedi, kedua tersangka yang berhasil ditangkap masing-masing berinisial N-I warga Desa Air Dingin Kecamatan Kaur Selatan; dan N-J warga Desa Parda Suka Kecamata Maje Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

“Dari pemeriksaan awal yang kami lakukan keduanya diketahui tidak memiliki izin edar barang tersebut,” imbuh Iptu Pedi.

Modus pelaku, lanjut Iptu Pedi, yakni dengan menjual ke pasar– pasar yang ada di wilayah kecamatan dalam Kabupaten Kaur, sedangkan keduanya tidak memiliki izin edar dari BPOM.

“Kedua tersangka kami jerat dengan Pasal 197 Jo Pasal 106 Ayat (1) Undang-undang RI No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,” pungkas Iptu Pedi.


Editor: Jean Freire