PWI RL-STAIN Curup Gelar Seminar Nasional "Lawan Berita Hoax"

Ketua STAIN Curup dan pengurus PWI Rejang Lebong siap jalin kerja sama gelar seminar nasional melawan hoax/vikter sanjaya-sahabatrakyat.com

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Upaya melawan dan memerangi berita bohong atau hoax harus terus dilakukan agar pembaca atau publik tidak disesatkan dengan informasi yang menyesatkan. Upaya itu harus dilakukan semua pihak termasuk PWI dan perguruan tinggi.
Menyadari hal itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rejang Lebong bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Curup rencananya akan menggelar seminar nasional bertajuk “Lawan Berita Hoax” pada Juli mendatang.
Seminar itu ditujukan kepada masyarakat luas, khususnya kalangan muda yang banyak menggunakan media sosial. Rencana kerja sama itu disampaikan dalam pertemuan PWI RL dengan Ketua STAIN Curup Dr. Rahmat Hidayat. M.Pd didampingi Kabag AUAK Beny Gustiawan dan Kabag Humas Rully Sumanda SH di kampus STAIN Curup, baru-baru ini.
Rahmat Hidayat menyambut baik kedatangan dan ide PWI Rejang Lebong dan menyatakan dukungan apalagi hal tersebut sesuai dengan program pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bisa menggunakan media sosial secara baik.
“Di era sekarang ini media sosial ada dalam gengaman dan siapa saja bisa dengan mudah memberikan informasi yang banyak mengandung unsur-unsur kebohongan seperti isu SARA dan pemberian informasi itu tanpa ada etika berkomunikasi secara bijak,” kata Rahmat Hidayat.
“Dan berita yang ada di media sosial tersebut tidak ada satupun orang yang bisa membendungnya, kalau orang jahat datang bisa kita hentikan. Tapi kalau informasi yang ada di media sosial tidak bisa dihentikan karena informasi itu bisa dibuat di manapun dan kapanpun,” tambah dia.
Atas dukungan itu, Ketua PWI RL Hasan Basri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada STAIN Curup. Menurut dia, sesuai dengan agenda yang sudah direncanakan, seminar itu akan menghadirkan narasumber dari PWI Pusat, pihak Kementerian Kominfo, Kapolda Bengkulu, Bupati Rejang Lebong, dan Kejari Rejang Lebong.
===================
Penulis: Vikter Sanjaya
Editor: Jean Freire