Sambut Ramadhan, Pemkab Bengkulu Utara Gelar Pawai Ta'aruf

Bupati Mian saat menyapa peserta pawai ta’aruf/MS Firman-sahabatrakyat.com

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Ribuan warga Kabupaten Bengkulu Utara, Jumat (26/5/2017), tumpah ruah di halaman Kantor Pemkab Bengkulu Utara untuk memeriahkan pawai ta’aruf dalam menyambut bulan suci ramadhan 1438 H.
Kegiatan pawai ta’aruf yang digelar oleh Pemkab BU itu dihadiri langsung oleh Bupati Ir. Mian didampingi Plt. Sekda Drs. Hariyadi, S.Pd, MM, M.Si, Kepala Kemenag Bengkulu Utara, Kapolres. Kepala Kejaksaan Negeri Arga Makmur dan jajaran Forkopimda.
Bupati saat melepas peserta pawai ta’aruf

Selain warga, peserta pawai juga berasal dari dinas instansi, organisasi Islam, pelajar SMA, SMP, SD, TK, dan PAUD. Mereka diiringi drumband Citra Bahana MAN Arga Makmur, drumband SMPN 1 Bengkulu Utara.
Peserta pawai kemudian mengitari jalan utama di Kota Arga Makmur dengan menggunakan warna warni pakaian muslim disertai pernak-pernik yang menggambarkan suka cita menyambut bulan suci ramadan tahun ini.

Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian sebelum melepaskan ribuan peserta pawai, dalam sambutannya, mengatakan pawai ta’aruf dilaksanakan untuk menyambut datangnya bulan ramadhan bulan yang penuh berkah rahmad dan ampunan di samping itu untuk meningkatkan syiar agama Islam dan memperkokoh silaturahmi.
Peserta Pawai ta’aruf,

Bupati menghimbau bagi umat muslim agar melaksanakan ibadah dengan penuh keimanan dan ketaqwaan serta keikhlasan mengharap ridho Allah SWT.
Usai menyampaikan sambutan Bupati Ir. Mian secara resmi langsung melepas ribuan peserta pawai ta’aruf secara tertib berjalan mengintari jalan utama kota Arga Makmur, dengan pengawalan dari Satlantas Polres Bengkulu Utara.
Tampak para peserta saat mendengarkan arahan Bupati

Bupati Mian saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com usai melepas peserta pawai ta’aruf di halaman Pemda BU mengatakan, “Kita sambut bulan suci ramadhan ini dengan sujud syukur, karena kita masih dipertemukan kembali dengan bulan suci ramadhan 1438 H, Kabupaten Bengkulu Utara tetap kondusif dan masyarakatnya tetap menjalin kebhinekaan bersama.”
Penghormatan kepada Bupati Bengkulu Utara

“Sucikan hati, laksanakan ibadah dengan khusuk, bangun silaturahim, tingkatkan nilai-nilai ketaqwaan. Semakin akhir menjadi semakin sempurna, kecintaan kita semua untuk beribadah” himbau Bupati.
Lanjut Bupati, bagi segenap organisasi Islam yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara melalui MUI, melalui kantor Kementerian Agama, juru dakwah sudah dibentuk untuk melaksanakan safari ramadhan.

“Laksanakan dakwah dengan penuh kesejukan, dengan mengutamakan membangun nilai-nilai ketakwaan dan membangun ukuwah islamiyah. Jangan sampai terprovokasi oleh hal-hal yang akan meluluhkan nilai-nilai kebhinekaan dan nilai-nilai toleransi beragama. Jadi posisi ini wujud nyata kita Bengkulu Utara kondusif kita laksanakan ibadah puasa kita tahun ini dengan khusuk,” pesan Bupati Mian.
Bupati bersama jajaran Pemkab BU

Bupati menambahkan, bagi segenap birokrasi ASN semua sudah diatur jam kerja yang tidak mengganggu ibadah untuk dipedomani. “Pelaksanaan pembangunan tetap berjalan dengan baik dan kita laksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ini dengan baik,” katanya.
Peserta yang mengikuti pawai ta’aruf

“Atas nama pemerintah daerah, pribadi dan keluarga mengucapkan minal aidin, mohon maaf lahir bhatin, mana kala ada kesalahan dalam melaksanakan tatakelola pemerintahan dan interaksi dengan masyarakat semua, kita mohon maaf kepada segenap elemen masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara,” tutup Bupati Mian.
(MS. Firman/Adventorial)