Soal Dana Publikasi, Pimpinan Media dan Pejabat Kominfo Bersitegang

Alex, salah seorang pimpinan media online di Seluma saat ribut mulut dengan Kabid Publikasi Diskominfo Seluma, Junaidi/Foto: Ist

SELUMA, sahabatrakyat.com- Demi mempertanyakan kepastian dan transparansi anggaran publikasi di Dinas Kominfo Kabupaten Seluma, salah seorang pimpinan media online di Seluma sampai ribut mulut dengan Kepala Bidang Publikasi Dinas Kominfo Seluma, Junaidi, Kamis (30/04/2020).

Ketegangan itu bermula ketika Alex, pimpinan media online Pusaranupdate, mendesak Junaidi membeberkan alokasi dana publikasi, jumlah dana yang sudah direalisasikan dan membuka nama-nama media massa yang sudah menerima pembayaran dana publikasi tahap pertama yang disebutnya ada 15 media massa.

“Sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, tidak ada yang ditutup-tutupi. Lima belas media yang sudah dicairkan, berapa tiap media?” desak Alex.

Junaidi tak meladeni desakan Alex. Menurut Junaidi, pagu publikasi ada Rp 500 juta. Namun soal media apa saja yang sudah menerima bukan urusan Alex. Itu, kata dia, adalah ranah rumah tangga atau urusan internal orang lain.

“Tidak musti dibuka. Kenapa kamu harus tahu urusan rumah tangga orang lain?” kata Junaidi. Suaranya ikut meninggi. “Naikkan lah,” katanya menyahut Alex yang mengancam mengekspos debat itu.

Lantaran tak ada titik temu, Alex pun menarik kembali berkas penawaran kerja sama yang ditujukan ke Kominfo Seluma.

Kepada sahabatrakyat.com, Alex menyatakan kekecewaannya. Ia bilang sikap Junaidi sebagai pejabat tidak tepat karena menutup-nutupi informasi publik.


Pewarta: SUKARDIANTO