Soal Keluhan Warga di Wisma Atlet, Haryadi: Sudah Sesuai SOP

Konferensi Pers Gugus Tugas Covid-19 Bengkulu Utara, Jumat (8/05/2020)

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkulu Utara merespon pemberitaan soal keluhan warga yang tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet Bengkulu Utara. Disebut-sebut keluhan itu terkait kebutuhan warga yang tidak terpenuhi.

Klarifikasi soal pemberitaan itu disampaikan dalam konfrensi pers yang dihadiri oleh Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas BU Dr Haryadi SPd MM MSi, Dinas Kesehatan BU dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BU di ruang rapat Sekdakab BU, Jum’at (8/5/2020).

“Penanganan warga yang melakukan isolasi di Wisma Atlet ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan bersama BPBD dan sudah sesuai dengan SOP protokol kesehatan,” sampai Haryadi.

Ia menjelaskan, Dinas Kesehatan memang bertugas memfasilitasi sarana, prasarana dan perlengkapan warga yang menjalani isolasi di wisma atlet. Adapun BPBD bertugas menyediakan makan dan minum serta bertanggung jawab dalam pengamanan berkoordinasi dengan Satpol PP.

“Prinsipnya gugus tugas Covid 19 Kabupaten BU sudah melakukan sesuai dengan SOP protokol kesehatan, baik dari pihak Dinas Kesehatan maupun BPBD,” tutur Haryadi.

Mengenai adanya pemberitaan keluhan warga isolasi tersebut, ia berharap seluruh elemen masyarkat tidak begitu saja mempercayai. Menurutnya, bila ada kekurangan agar dapat dimaklumi. “Gugus Tugas Kabupaten BU juga manusia, dan dengan adanya kekurangan hal tersebut wajar dan bisa dipenuhi,” imbuhnya.

“Selaku ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten saya sengaja memfasilitasi Dinkes dan BPBD dan mengundang para awak media sehingga terkait pemberitaan tersebut tidak ada masalah. Tapi memang ada kekurangan kita dapat maklumi,” ungkap Hariyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan BU Syamsul Maarief menerangkan, warga yang menjalani isolasi di Wisma Atlet menjadi tanggungan pemerintah. Khusus untuk Dinas Kesehatan bertanggung jawab untuk sarana dan prasaran termasuk untuk kebutuhan pribadi disiapkan paket berupa sikat gigi, pasta gigi, handuk, selimut, tisu, sampo, sajadah, dan sandal jepit.

“Intinya kita bertanggung jawab untuk sarana dan prasarana di Wisma Atlet termasuk juga dengan kebutuhan pribadi warga yang sedang menjalani isolasi,” terangnya.

Kepala BPBD BU Burman menjelaskan bahwa tekait dengan makan dan minum serta tim medis dan petugas keamanan Wisma Atlet memang sepenuhnya tanggung jawab BPBD.

“Untuk makan dan minum kita sediakan, selama bulan ramadhan kita juga bagikan takjil serta makan dan minum untuk sahur dan berbuka bagi yang berpusa. Selain itu untuk pengamanan juga tanggung jawab kita yang sudah kita serahkan ke pihak Satpol PP,” tuturnya.


Pewarta: MS Firman