Surati Balai Sungai Sumatera VII, Petani Seluma Ancam Demo Lagi

SELUMA, sahabatrakyat.com – Para petani di Kabupaten Seluma yang mengandalkan air irigasi bendungan Seluma kembali menyurati Kepala Balai Sungai Sumatera VII di Bengkulu. Isinya, mempertanyakan komitmen dan realisasi kesepakatan bersama yang sudah dituangkan dalam berita acara usai unjuk rasa beberapa waktu lalu.

Ketua Perkumpulan Petani Pengguna Air Bina Desa Yahudin Kemadi kepada sahabatrakyat.com belum lama ini mengatakan hingga 16 Januari 2020 belum ada tanda-tanda irigasi bakal dibuka sehingga air mengalir ke areal persawahan. Sementara musim tanam dijadwalkan dalam bulan ini.

“Kalau sampai tanggal 20 Januari tidak dibuka maka kami akan melakukan aksi. Dan kami yang akan membongkar dan membuka pintu air bendungan itu sendiri,” kata dia.

Ancaman Yahudin cukup beralasan. Sebab beberapa waktu lalu kesepakatan antara petani dan Balai Sungai sendiri sudah ditandatangani bersama pihak DPRD Seluma.

“Kami akan turun demo dengan massa yang lebih banyak. Jadi perjanjian yang sudah disepakati tempo hari agar dipenuhi,” tandas Yahudin.


Pewarta : Sukardianto