Tahun Ini Lebong Bahas 25 Raperda, 22 Usul Eksekutif, 3 Inisiatif Legislatif

Syabahul Adha
Syabahul Adha

LEBONG, sahabatrakyat.com– Sesuai dengan keputusan DPRD Lebong No 20 tahun 2016 tentang Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Lebong, sebanyak 25 Rancangan Peraturan Daerah (Reperda) akan dibahas di tahun 2017 ini. Masing-masing 22 Raperda diusulkan oleh eksekutif dan 3 lainnya inisiatif DPRD.

Terkait hal tersebut DPRD sendiri telah menetapkan jadwal. Berdasarkan berita acara Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Lebong, Selasa (14/2) mendatang, DPRD Lebong akan mulai melaksanakan rapat paripurna penyampaian nota pengantar Raperda eksekutif dan nota pengantar Raperda inisiatif DPRD.

Kabag Hukum dan Kerjasama Sekkab Lebong Drs Syabahul Adha mengatakan, terdapat 5 SKPD dan 2 bagian di Sekkab Lebong yang mengusulkan Propemperda 2017.

Yaitu BLHKP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kantor Pelayanan Terpadu (KPT), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), BPD serta bagian Pemerintahan dan Bagian Hukum dan Kerjasama Daerah.

Untuk itu ia berharap agar OPD terkait dapat segera menyampaikan naskah akademik Raperda yang diusulkan dalam Propemperda tahun 2017. Termasuk draf Reperda dalam bentuk soft copy dan hard copy kepada pihaknya sesegera mungkin.

“Hingga saat ini baru BPBD dan Dukcapil yang sudah menyerahkan. Namun setelah kita evaluasi untuk Dukcapil masih terdapat beberapa materi yang harus diperbaiki. Kerana itu kita kembalikan,” ungkap Syabahul.

Dengan telah ditetapkannya jadwal Propemperda 2017 oleh DPRD Lebong ia meminta kepada yang mengusulkan Propemperda dapat segera menyampaikan naskah akademik Raperda yang diusulkan dalam Propemperda tahun 2017 dan draf Reperda dalam bentuk soft copy dan hard copy kepada Bagian Hukum dan Kerja Sama Setda. (cw1)