Tak Hanya Kumpulkan Zakat, Ini Peran & Sumbangsih BAZNAS

SEMINAR: BAZNAS dan FOKES STAIN Curup gelar seminar tentang tugas dan peran BAZNAS kepada mahasiswa STAIN/foto vikter-sahabatrakyat.com
SEMINAR: BAZNAS dan FOKES STAIN Curup gelar seminar tentang tugas dan peran BAZNAS kepada mahasiswa STAIN/foto vikter-sahabatrakyat.com

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Rejang Lebong bekerjasama dengan FOKES (Forum Kajian Ekonomi Islam) STAIN Curup menggelar seminar bagi mahasisiwa STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negri) Curup, Jumat (2/12/2016).

Seminar bertemakan “Merubah Perspektif Mahasiswa Mengenai Peran BAZNAS sebagai Lembaga Amil yang menangani Fundrising dan Financing Zakat” itu dilaksanakan di Aula Syariah STAIN Curup dan diikuti oleh 69 anggota FOKES, dosen STAIN Curup dan beberapa mahasisiwa lainnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011, lembaga yang diberi kewenangan untuk mengelola zakat adalah BAZNAS. Sementara berdasarkan Peraturan Daerah Rejang Lebong No. 9 Tahun 2013, untuk mengelola zakat dibentuk BAZNAS Kabupaten Rejang Lebong.

BAZNAS
Sovlenin Yusuf

Wakil Ketua 1 BAZNAS Rejang Lebong Drs. H. Sovlenin Yusuf, mengatakan, selama ini boleh jadi pengetahuan mahasiswa tentang BAZNAS baru sebatas lembaga zakat. Namun tugas dan fungsinya belum diketahui secara luas dan mendalam.

Menurut dia, tugas BAZNAS adalah pengumpulan zakat, yaitu suatu kegiatan yang tujuannya untuk menggalang dana atau mengumpulkan zakat dari perorangan atau badan usaha untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

“BAZNAS tidak hanya menyalurkan zakat kepada fakir miskin tetapi kepada orang-orang yang membutuhkan lainnya seperti bantuan berobat bagi yang sakit yang tidak ditanggung BPJS dibantu oleh BAZNAS, musibah kebakaran, muallaf, orang yang terlantar, orang yang berjuang di jalan Allah,” terang pria kelahiran Maninjau, 03 Febuari 1946 itu.

Dalam seminar itu Drs. H. Sovlenin Yusuf juga mengingatkan kepada para peserta seminar bahwa zakat tidak hanya dilakukan sebelum idul fitri saja. Ada banyak zakat lain yang harus ditunaikan, sepeti zakat profesi.

“Dan dengan berzakat tidak akan mengurangi harta tetapi sebaliknya dengan berzakat justru akan medatang rezeki dari Allah SWT,” terang dia.

Kepada sahabatrakyat.com, salah seorang peserta seminar Jamuri Antoso Prayogo mengakui adanya seminar itu memberi manfaat baginya dan peserta lainnya.

“Seminar seperti ini sangat memberikan efek positif bagi kita semua terutama yang hadir pada seminar hari ini karena dapat memberikan pengetahuan baru terutama bagi saya sendiri,” katanya. (CW7)

 

Editor: Jees