Tanpa Pelayanan 2 Tahun, Kepala Puskesmas Hulu Palik Bakal Dipanggil

Pustu Air Baus I yang kosong sejak berakhirnya masa kontrak bidan desa dua tahun lalu/foto firman-sahabatrakyat.com
Pustu Air Baus I yang kosong sejak berakhirnya masa kontrak bidan desa dua tahun lalu/foto firman-sahabatrakyat.com

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Plt Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara Samsul Maarif, mengaku akan memanggil kepala puskesmas Hulu Palik guna mempertanyakan rencana pengaktifan Pustu Desa Air Baus I yang sudah dua tahun terakhir tidak lagi memberikan pelayanan kesehatan lantaran tidak ada petugas sejak ditinggal tenaga bidan kontrak.

“Saya akan panggil dan konfirmasi dulu dengan kepala Puskesmas Hulu Palik ada rencana penempatan tenaga atau tidak di situ. Mudah-mudahan nanti kalau ada tenaganya secepatnya kita akan isi bila sudah siap,” kata Samsul yang dikonfirmasi sahabatrakyat.com baru-baru ini.

Sebelumnya, Kepala Desa Air Baus I, Widi Sukarlan meminta Pemkab Bengkulu Utara untuk memperbaiki dan menempatkan petugas di Puskesmas Pembantu atau Pustu yang ada di desa setempat. Pasalnya, selama dua tahun terakhir pustu itu kosong tak berpenghuni sejak ditinggal bidan desa yang habis masa kontrak kerjanya.

“Bangunannya masih bisa dipakai. Tapi lantaran kosong kondisi pustu mulai rusak. Dinding dan lantai kantor sudah mulai pecah, halamannya juga sudah disemaki rumput. Memang tidak lagi terawat sejak bidan desa yang tugas di sana pergi,” kata Widi.

Kata Widi, sejak Pustu itu kosong warganya kini terpaksa ke desa terdekat untuk minta pelayanan kesehatan. Ada juga yang berobat ke mantri yang ada di desa. Apalagi pertolongan pertama untuk persalinan ibu, kini harus pakai mobil kalau mau ke pelayanan kesehatan terdekat. “Padahal dulu waktu Pustu itu aktif, warga bisa terlayani. Bahkan bisa rawat inap,” ujar dia. (MS Firman)