Terpilih Jadi Ketua KONI Lebong, Donni Swabuana : KONI Kini Beda…

Donni Swabuana terpilih secara aklamasi sebagai ketua KONI Lebong/Foto : sahabatrakyat.com-Aka

LEBONG, sahabatrakyat.com- Seperti dijadwalkan, Senin (27/01/2020), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lebong akhirnya menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab). Salah satu agendanya adalah memilih ketua umum KONI Lebong yang baru.

Musorkab yang berlangsung sekitar tiga jam di ruang rapat Dinas Kominfo dan SP Lebong dan diikuti 12 Pengcab itu secara bulat memilih Donni Swabuana sebagai ketua masa jabatan 2020-2024.

Adapun pengurus cabang olahraga yang hadir itu adalah: PBVSI, PERBASI, PRSI, PBSI, PERCASI, PASI, IPSI, PSTI, IOF, FAJI, PSSI dan TEAKWONDO.

Dalam kesempatan itu setiap cabang olahraga menyampaikan perlunya perhatian dan dukungan dari KONI terhadap kegiatan olahraga serta prestasi atlet.

“Siapa pun pengurus KONI yang baru, siapa pun itu, yang penting kami ingin maju olahraga kami, saya pribadi capek dituntut juara terus tapi tidak ada perhatian,” ujar perwakilan pengurus IPSI, Fidian Apriani.

Ketua KONI terpilih, Donni Swabuana menyampaikan, untuk pengurus cabang olah raga yang ada di Kabupaten Lebong perlu berbenah. Di antaranya soal legalitas kepengurusannya. Ia juga meminta agar sama-sama menjaga tidak adanya dualisme di dalam pengurus cabang olah raga.

“Saya jamin pak, KONI kini beda dengan KONI yang sebelumnya, tapi saya minta juga Pengcab beda juga, mulai dari administrasinya, SK kepengurusannya. Nanti kita bantu,” sampai Donni.

Disampaikan Donni, KONI Lebong di tahun 2020 belum ada kucuran dana hibah dari Pemda Kabupaten Lebong. Namun bakal diupayakan dari pendapatan bantuan olah raga.

Kedepan, lanjutnya, setelah pelantikan seluruh program kerja akan disusun bersama. Donni menegaskan semua persoalan di setiap cabang olahraga akan ditampung.

“Kita akan rapat kerja. Kita buka semuanya sedetail mungkin dengan solusi,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, Mustarani Abidin menuturkan, Pemda Lebong sangat mendukung Musorkab KONI supaya ada koordinasi untuk kemajuan Pengcab olahraga demi menghantarkan kepada prestasi.

“Kalau seperti ini Pemda bisa koordinasi dengan KONI, KONI nanti tinggal koordinasi dengan Pengcabnya,” ucapnya.

Terkait dana olahraga yang dianggarkan Pemda melalui KONI apakah bisa dilakukan atau tidak, kata Mustarani, akan dipelajari terlebih dahulu.

“Ya, nanti kita lihat aturan apakah diperbolehkan atau tidak yang pasti Pemda siap memback-up itu,” tandasnya.


Pewarta: Aka Budiman