Warga Desa Arang Sapat Gotong Royong Perbaiki Jembatan

Kondisi jembatan saat diperbaiki warga/foto: Anto

SELUMA, sahabatrakyat.com- Jembatan Air Sapat yang menghubungkan sejumlah wilayah desa di Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, kini sudah bisa dilalui kendaraan setelah warga setempat secara swadaya dan gotong-royong memperbaikinya.

Sebelumnya kondisi jembatan rusak parah sehingga tak bisa dilalui kendaraan, khususnya roda empat. Sementara bagi kendaraan roda dua saja, pengendara harus ekstra hati-hati karena lantainya sudah banyak rapuh.

Jembatan Air Sapat ini menjadi akses bagi warga Cawang, Arang Sapat, dan Dusun Tenga. Baik untuk keluar masuk menuju ke pusat kota maupun ke lokasi lahan pertanian warga.

Fy, seorang warga setempat mengakui kondisi jembatan memang sangat memperhatinkan dan tidak layak dilewati kendaraan roda empat mengingat sebagian lantai jembatan sudah habis.

Kondisi jembatan setelah diperbaiki warga/foto: sahabatrakyat.com-Anto

“Untuk kendaraan roda dua masih bisa dilewati tapi harus ekstra hati-hati karena sebagian lantai yang masih ada sudah lapuk,” kata Fy kepada sahabatrakyat.com, Jumat (11/09/2020).

Kata Fy, jika tak segera diperbaiki maka mobiltas warga menjadi terganggu. Sementara jika harus menunggu kucuran anggaran dari Pemkab Seluma sendiri belum ada kepastian.

“Makanya dengan dana swadaya masyarakat dan dana seadanya kami bisa mengerjakan dan memperbaiki jembatan dengan cara bergotong-royong,” pungkas Fy di lokasi gotong-royong.

Kegiatan gotong-royong itu sendiri diikuti Kepala Desa Arang Sapat, BPD, perangat desa dan masyarakat setempat.


Pewarta: Sukardianto