YPCM Ingatkan Dana Desa Pro Penyandang Disabilitas

 

LEBONG, sahabatrakyat.com- Ketua Yayasan Penyandang Cacat Mandiri (YPCM) Kabupaten Lebong, Hendri Wijaya, mengimbau pemerintah desa agar memperhatikan penyandang disabilitas di wilayahnya masing-masing. Ia berharap ada program pemberdayaan atau dukungan agar penyandang disabilitas bisa terlibat dan berpartisipasi dalam membangun desa.

“Penyandang disabilitas masih dinilai sebagai masalah sosial yang kebijakan pemenuhan haknya baru bersifat jaminan sosial, rehabilitasi sosial, bantuan sosial, dan peningkatan kesejahteraan sosial. Penyandang disabilitas seharusnya mendapatkan kesempatan yang sama dalam upaya mengembangkan dirinya melalui kemandirian sebagai manusia yang bermartabat,” kata Hendri kepada sahabatrakyat.com belum lama ini.

Hendri menjelaskan, penghormatan, pemenuhan dan perlindungan disabilitas merupakan kewajiban negara yang sudah diatur dalam sejumlah peraturan. Di antaranya UU Nomor 39 Tahun 1999.

Hendri Wijaya

“Termasuk sudah disebut sebagai salah satu program prioritas dalam penggunaan dana desa di Peraturan Menteri Desa,” imbuh Hendri.

Karena itu, lanjut Hendri, pemerintah desa sebagai ujung tombak pemerintah di tingkat paling bawah dan yang bisa langsung bersentuhan dengan warganya yang menyandang disabilitas sudah semestinya memberi perhatian yang pantas.

“Pemerintah desa kan juga paling tahu apa kebutuhan warganya, termasuk yang menyandang disabilitas. Maka itu kami ingatkan supaya ada perhatian,” kata Hendri.

Hendri menandaskan, beberapa program atau kegiatan yang bisa dilakukan bagi penyandang disabilitas itu misalnya sosialisasi dan advokasi sarana dan prasarana yang ramah terhadap anak penyandang disabilitas, dan pengelolaan kegiatan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas.


Pewarta: Sumitra Naibaho