Visit Bengkulu 2020, Benteng Marlborough Disulap Jadi Galeri Pamer Wisata

BENGKULU– Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, Selasa (7/3/2017) mengunjungi Kota Bengkulu untuk meninjau rencana peresmian Galeri Pamer Benteng Marlborough yang akan diresmikan dalam waktu dekat. Peresmian akan dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud RI.

Kepala BPCB Jambi Mohammad Ramli, mengatakan, Galeri Pamer akan memberikan sentuhan baru & daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dalam galeri pamer ini nanti, wisatawan bisa mendapatkan informasi atau fakta baru terkait Benteng. Benteng ini peninggalan Inggris yang dibangun pada 1714 – 1719 oleh East India Company (EIC).

“Penambahan ruang galeri pamer ini diharapkan bisa memberikan warna baru & melengkapi informasi bagi wisatawan,” jelas M. Ramli.

Hal tersebut disampaikan M. Ramli saat melakukan pertemuan dg Plt Sekda Provinsi Bengkulu di Media Center Pemprov Bengkulu, (07/03). Ramli menambahkan, Galeri Pamer rencananya akan diresmikan pada 16 Maret 2017 mendatang oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Hilman Farid. Berikut didampingi Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, yang selanjutnya akan dibuka secara umum. 

Selain itu, peresmian Galeri Pamer Benteng Marlborough ini juga akan dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Di dalam Galeri Pamer ini sudah dibuat patung–patung atau figura dan audio visual (auditorium). Galeri Pamer akan memberikan informasi langsung kepada wisatawan tentang sejarah Benteng Marlborough, ditambah ruang baca untuk wisatawan.

Menanggapi hal ini, Plt Sekda Provinsi Bengkulu Sudoto menyambut baik hal tersebut. Menurut Sudoto dengan adanya Galeri Pamer tersebut jelas sebagai bentuk dukungan terhadap salah satu program prioritas Bengkulu.

Program prioritas Gubernur & Wakil Gubernur Bengkulu ini yaitu Visit 2020 Wonderful Bengkulu nantinya. “Kita mengucapkan terima kasih karena Benteng Marlborough sudah dipercantik,” ungkap Sudoto.  (Media Center Pemprov Bengkulu)