Data Ulang Dampak Bencana

Pemkab Lebong masih akan mendata ulang dampak bencana banjir dan longsor di lokasi PT PGE beberapa waktu lalu/foto eko.srb.doc
Pemkab Lebong masih akan mendata ulang dampak bencana banjir dan longsor di lokasi PT PGE beberapa waktu lalu/foto eko.srb.doc

LEBONG – Pemkab Lebong, Selasa (29/8/2016) menggelar rapat internal guna membahas bencana banjir dan banjir bandang yang terjadi di Bukit Beriti Besar Hulu Lais Kecamatan Lebong Selatan. Rapat yang digelar di Gedung Bina Praja Pemda Lebong tersebut membahas rencana inventarisir atau mendata ulang kerusakan lahan dan kerugian warga maupun negara yang ditimbulkan bencana.

Kepala BLHKP Lebong Zamhari, SH, MH usai rapat mengatakan, “Pak Bupati memerintahakan seluruh data kerusakan lahan baik di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan maupun itu kerugian negara seperti kerusakan hutan dan kerusakan sungai dilakukan inventarisir ulang.”

Penyelesaian permasalahan ini, kata dia, masih ditangani oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dengan kemungkinan penyelesaian dilakukan diluar maupun melalui pengadilan. “Nah jika ada titik temu dalam penyelesaian permasalahan ini, bisa diakomodir. Intinya data ini akan menjadi pegangan kita, ” ujar Zamhari.

“Kemungkinan data ini masih dapat berubah. Contohnya di bidang perkebunan, data yang masuk baru sekirta 50 hektar dan lokasinya berada di sekitar Cluster A PT PGE. Sementara kemungkinan masih ada lahan perkebunan yang berada di sepanjang aliran Sungai Karat yang ikut rusak. Untuk itulah akan dilakukan inventarisir ulang, ” demikian Zamhari.(cw3)