Indra Ronaldo, Nahkodai PMKRI Cabang Jambi

Pelantikan DPC PMKRI Cabang Jambi, Sabtu (19/09/2020)/Foto: Ist

JAMBI, sahabatrakyat.com– Indra Ronaldo Lumbangaol resmi memimpin PMKRI Cabang Jambi Periode 2020-2021 usai dilantik oleh PP PMKRI St Thomas Aquinas, Sabtu (19/09/2020) di Kota Jambi, tepatnya di Aula Paroki Santo Gregorius Agung.

Pelantikan Indra Ronaldo menandai kebangkitan PMKRI Jambi yang beberapa waktu lampau stagnan akibat sejumlah kendala. Eksistensi PMKRI Jambi sekaligus memperkuat soliditas PMKKRI Regional Sumatera Bagian Selatan bersama Bengkulu, Palembang, dan Lampung.

Prosesi pelantikan DPC PMKRI Cabang Jambi sendiri diawali dengan diskusi bertema “Posisi ORMAS Katolik dalam Pilkada Serentak Tahun 2020 yang Bermartabat Di Tengah Pandemic
Covid-19”.

Diskusi itu menghadirkan Pengurus Pusat PMKRI, Engelbertus Boli Tobin; Hendrica Maria Niniks (Bidang Pendidikan WKRI Jambi); Sonny Jantri Patia Pardede, S.H (Ketua Komcab Pemuda Katolik Jambi); dan Indra Ronaldo Lumbangaol sendiri sebagi Ketua Presidium terpilih PMKRI Cabang Jambi.

Hadir dalam diskusi itu sejumlah alumni PMKRI Cabang Jambi, PMKRI se-Sumbagsel, perwakilan OKP, Kesbangpol Kota Jambi dan Pembimas Katolik Jambi.

Secara umum, diskusi menyimpulkan beberapa hal penting terkait partisipasi dan peran aktif Ormas Katolik dalam mengawal proses pilkada yang sedang berlangsung. Jangan sampai ada kecurangan agar terwujud Pilkada yang bermartabat dan berkualitas demi kepentingan masyarakat.

“Para narasumber juga menyampaikan agar masyarakat, terkhususnya masyarakat Katolik dapat menghindari politik uang dimana pada masa pandemic ini masalah keuangan sangat
rentan, perekonomian masyarakat pun sedang tidak stabil, hal ini dapat menjadi celah dalam melakukan kecurangan pada pilkada dimasa pandemic ini, sehingga dapat mempengaruhi proses pilkada yang seharusnya bersih menjadi kotor karena
adanya kecurangan,” terang Komisaris Daerah PMKRI Sumbagsel Alexander Silaban dalam rilisnya.

Selain itu, kata Alex, para narasumber juga menghimbau masyarakat terkhusnya masyarakat Katolik untuk menggunakan hak suaranya alias tidak golput, karena satu suara sangat berharga dan dapat mempengaruhi suatu daerah untuk lima tahun mendatang.

“Diskusi itu juga menghimbau masyarakat untuk berpatisipasi dan berperan aktif dalam melaksanakan protokol kesehatan, agar tempat pemungutan suara tidak menjadi
klaster baru dalam penyebaran Covid-19,” kata Alex.

Usai dilantik, Indra Ronaldo menegaskan komitmennya untuk terus berusaha membawa PMKRI menjadi organisasi yang memberi manfaat bagi masyarakat dan gereja.

Ia berharap semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam PMKRI dapat saling membantu.

Indra juga berharap agar organisasi kemasyarakatan pemuda, terkhususnya yang tergabung dalam Kelompok Cipayung tetap kompak dan bersinergi dalam penyelesaian isu-isu yang ada di Jambi.

Agustina Setiawati, Sekjen PMKRI Bengkulu mewakili PMKRI se-Sumbagsel menyampaikan selamat atas terpilihnya jajaran DPC PMKRI Cabang Jambi yang baru.

“Semoga PMKRI cabang Jambi terus bersinergi dengan baik dengan PMKRI se-Sumbagsel, membangun komunikasi yang baik dan melaksanakan program-program regional bersama-sama,” ujarnya.

Sementara itu Isa Maranatha mewakili alumni PMKRI Cabang Jambi, dalam sambutannya mengharapkan agar PMKRI Jambi ke depan semakin kuat dan tangguh.

“Bukan harus besar dari sisi jumlah anggotanya, yang penting adalah tangguh dalam berkarya di tengah masyarakat dan gereja,” kata Isa.

Engelbertus Boli Tobin mewakili PP PMKRI menyampaikan bahwa menjadi pengurus artinya menerima seluruh tanggung jawab dan mandat yang diberikan Perhimpunan dalam segala keadaan, menjadi “pelayan” dan terus berbuat bagi kepentingan gereja dan tanah air.

Obin juga menyampaikan bahwa PP PMKRI akan selalu siap membantu dan mengarahkan apapun yang menjadi kebutuhan cabang.


Pewarta: Jean Freire/rls